Cara Bayar Listrik Lewat SMS Banking BRI, Mandiri, & BNI

Author Avatar

Fakhri Zahir

Diperbarui 24 Mar 2021

cara-bayar-listrik-lewat-sms-banking-bri-mandiri-bni

Pernahkan kamu bayangkan, kalau teknologi informasi tidak berkembang layaknya saat ini. Maka kesulitan-kesulitan yang dijalankan oleh orang tua kamu masih kamu alami sekarang. Gak ada internet, apalagi kemudahan seperti M-Banking dan SMS Banking. Padahal kedua layanan tersebut, terutama SMS Banking merupakan layanan yang banyak membantu orang-orang, lho! SMS Banking memang sudah sejak lama diketahui memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam bertransaksi. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah kemudahan dalam bayar listrik lewat SMS Banking. Bayangkan kalau di zaman dahulu kamu perlu jalan dan buang waktu untuk bayar listrik langsung ke PLN, saat ini hanya dengan kirim SMS, kamu sudah bisa membayar tagihan listrik. Tapi apakah kamu tau caranya bayar listrik lewat SMS Banking? Jangan khawatir, simak saja langsung ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Bayar Listrik Lewat SMS Banking BRI

Pertama-tama jangan lupa melakukan aktivasi SMS Banking terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkan layanan ini. Untuk melakukan aktivasi, silahkan kamu datang ke kantor cabang BRI masing-masing. Kalau sudah siap, kamu bisa melakukan pengecekan tagihan listrik hingga membayar tagihan listrik lewat SMS Banking BRI. Kalau mau cek tagihan listrik kamu bisa ketik SMS INFO (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) PIN. Kirimkan ke 3300! Sementara kalau kamu mau membayar listrik, kamu bisa mengetikkan BAYAR (spasi) PLN (spasi) ID PELANGGAN (spasi) PIN dan kirimkan ke nomor 3300. Kalau data sudah diisi dan dikirim dengan benar, kamu akan menerima SMS balasan dari BRI yang berisi konfirmasi pembayaran listrik, deh!

2. Bayar Listrik Lewat SMS Banking Mandiri

Untuk bisa menikmati layanan ini, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau ATM Mandiri. Kalau sudah diaktivasi, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut untuk membayar tagihan listrik melalui SMS Banking Mandiri:
  1. Buka aplikasi pesan pada smartphone dan buat pesan baru
  2. Ketik BYR <spasi> PLN <spasi> Kode Rekening <spasi> 12 Digit Nomor Pelanggan Anda.
  3. Kirim ke 3355
  4. Tunggu pesan balasan dari pihak Bank Mandiri untuk mengonfirmasi transaksi
  5. Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355.
  6. Tunggu beberapa saat sampai pihak Bank Mandiri mengirim pesan balasan bahawa transaksi pembayaran Anda telah berhasil.

3. Bayar Listrik Lewat SMS Banking BNI

Khusus bank BNI, kamu bisa melakukan pembelian token listrik. Jadi yah memang fitur ini di bank BNI khusus diperuntukkan bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar alias menggunakan token listrik. Pertama-tama sama seperti sebelumnya jangan lupa melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan mendatangi kantor cabang BNI yang terdekat di rumah kamu. Setelah mendaftarkan diri ke SMS Banking barulah kamu bisa memanfaatkan layanan ini. Jika sudah selesai, Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk beli token listrik:
  • Ketik SMS dengan format TOP(spasi)PLN(spasi)(IdPel/no.Meter)(spasi)Nominal.
  • Kirim SMS ke nomor 3346.
  • Biaya per SMS pada SMS banking bank BNI tergolong mahal, di atas biaya SMS biasa, yaitu Rp500-Rp1.000 tergantung operator seluler yang digunakan.
  • Transaksi dinyatakan berhasil bila kode voucher token listrik telah dikirimkan oleh Bank BNI melalui SMS.
  • Terakhir, silakan isi kode voucher ke meteran listrik di rumah Anda.
Sayang sekali kami hanya bisa membagikan cara bayar listrik lewat 3 SMS banking saja karena ternyata belum banyak bank yang memanfaatkan fitur pembayaran listrik menggunakan SMS Banking. Semoga informasi tadi bisa berguna untuk Anda, ya!
Kembali ke Beranda