Mau Tau Gaji Pemain Bola Indonesia Terbaru? Cek di Sini!

Author Avatar

Fakhri Zahir

Diperbarui 09 Mar 2021

ini-dia-gaji-pemain-bola-indonesia-terbaru

Siapa sih yang tidak kenal Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Egy Maulana Vikri, hingga Andik Vermansyah? Tentu saja seluruh pecinta sepak bola di Indonesia sudah hafal seluruh nama-nama di atas. Nama-nama inilah yang kemudian saat ini membuat banyaknya orang tua tidak ragu lagi melepas anak-anaknya untuk menempuh pendidikan sepakbola, non formal tentunya. Terbukti dengan menjamurnya Sekolah Sepak Bola (SSB) berkualitas wahid di Indonesia, sebut saja SSB Chelsea, SSB Liverpool, Real Madrid Soccer School, hingga yang paling melegenda yakni ASIOP Apacinti yang didirikan legenda sepakbola Indonesia Alm. Ronny Pattinasarany. asiop apacinti Semuanya memiliki biaya iuran dan pendaftaran yang bervariasi mulai dari yang gratis hingga yang bertarif fantastis mencapai jutaan rupiah per-bulannya. Tapi, apakah uang yang diinvestasikan orang tua calon pemain bola ini sepadan dengan gajinya nanti? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini! Baca Juga: Berapa Besaran Gaji Dokter di Indonesia?

Gaji Pemain Bola Indonesia Tertinggi

ezechiel ndouassel Untuk menyemangati para orang tua yang memutuskan untuk melepas anak-anaknya berkarir di dunia si kulit bundar, kami akan berikan daftar top 10 gaji pemain bola Indonesia. Meski demikian sebelumnya ada hal yang perlu kami luruskan. Untuk mengetahui gaji pemain secara pasti boleh dibilang merupakan hal yang mustahil, tapi ada cara lain untuk mengetahui nilai seorang pemain. Yakni dengan mencari tahu nilai di pasar transfer atau market value. Artinya kira-kira berapa uang yang harus dikeluarkan oleh sebuah klub untuk menyewa jasa sang pemain tersebut. Sementara pendapatan asli sang pemain (per-tahunnya) tentu saja bisa melebihi angka tersebut. Berikut ini adalah daftar harga pemain bola berkebangsaan Indonesia yang bermain di Liga Indonesia. [wpsm_comparison_table id="28" class=""] Sementara itu berikut ini adalah 10 pemain dengan harga paling tinggi yang bermain di Liga Indonesia. [wpsm_comparison_table id="28" class=""] Bisa dilihat satu-satunya pemain Indonesia yang bertengger di top 10 pemain bola bergaji besar Liga Indonesia hanyalah Stefano Lilipaly. Stefano Lilipaly berhasil menduduki peringkat 4 bersama 3 pemain asing lainnya.

Gaji Pemain Bola Indonesia Terendah

bio paulin Sama seperti di atas, agak sulit mengetahui nilai gaji pasti dari seorang pemain bola. Hal tersebut karena memang kontrak yang disodorkan bersifat rahasia. Oleh karena itu, untuk menilai harga pemain bola terandah di Indonesia pun kami hanya bisa merujuk ke harga pasar mereka. Setidaknya ada 5 pemain dengan market value yang cukup rendah yang bermain di Liga Indonesia, mereka adalah:
  1. Moniega Bagus Suwardi yang berusia 27 tahun, saat ini memiliki nilai sekitar Rp420.000.000
  2. Ahmad Amarzukih yang berusia 33 tahun saat ini memiliki nilai sekitar Rp423.000.000
  3. Ravi Murdianto yang berusia 23 tahun saat ini memiliki nilai sekitar Rp425.000.000
  4. Kim Sang Min yang merupakan pemain asal Korea Selatan memiliki nilai pasar seharga Rp425.000.000 sama seperti Ravi Murdianto.
  5. Bio Paulin yang merupakan pemain naturalisasi Persipura Jayapura berharga sekitar Rp400.000.000
Nah, jangan kaget kalau kami memberikan beberapa nilai harga seorang pemain yang ternyata cukup fantastis. Bahkan yang termurah saja menyentuh angka Rp400.000.000 juta loh. Sayangnya angka ini tidak spesifik diberikan untuk berapa lama durasi mereka berkiprah. Jadi nilai ini bisa sangat bervariasi, belum lagi gaji perminggu yang mereka terima. Wah rasa-rasanya sih sangat sulit kami dapatkan informasi tersebut. Meski demikian kami harap artikel mengenai gaji pemain bola Indonesia ini bisa menjadi gambaran dan dapat bermanfaat bagi orang-orang yang memutuskan untuk berkarir sebagai pemain sepak bola di Indonesia, ya!
Kembali ke Beranda