10 Tempat Wisata Di Bogor Yang Paling Populer

Author Avatar

Dimas Bimawan

10 Tempat Wisata Di Bogor Yang Paling Populer

Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan karena curah hujannya yang tinggi. Tapi selain itu, ternyata kota yang budayanya adalah campuran antara Sunda dan Betawi ini juga punya banyak tempat wisata yang seru loh. Tidak cuma tempat wisatanya saja, namun ada banyak makanan nikmat yang unik dan sangat khas Bogor yang bisa bikin kamu ketagihan. Apa saja sih tempat-tempat wisata tersebut? Yuk disimak.

1. Kawasan Puncak

Kawasan Puncak Inilah tempat wisata yang paling terkenal di kalangan orang Jakarta yang ingin melepas penat di akhir pekan. Bukan orang Jakarta kalau belum pernah ke Puncak! Kalau kamu gak percaya, cobain aja datang ke Puncak di akhir pekan, kamu akan melihat kendaraan berplat nomor 'B' berseliweran di jalanan dan memenuhi jalanan Puncak, mulai dari Gadog sampai Cianjur. Ada banyak tempat wisata yang sebenarnya pantas untuk dibahas lebih dalam lagi di kawasan ini, tapi kalau kamu datang ke Puncak saja itu sudah merupakan wisata, terutama untuk merasakan hawa dinginnya dan suasana kebun teh yang serba hijau. Jangan lupa cobain jagung bakar, sekoteng, dan Sate Maranggi ya!

2. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak Untuk kamu yang ingin pansos dan kebetulan berani melakukan hal-hal ekstrem, terbang secara tandem di Puncak nampaknya patut dijajal. Kamu juga bisa selfie pakai tongsis ketika sedang melayang di udara Puncak yang terkenal dingin itu. Kalau kamu tidak berani paragliding kamu juga bisa melihat pemandangan kawasan Puncak dari ketinggian dan berfoto-foto. Tarif untuk paragliding sendiri  di kisaran Rp350.000 untuk sekali terbang.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Merupakan objek wisata yang sudah terkenal dari dulu, tempat ini punya banyak koleksi bunga, sesuai namanya. Tapi, bukan berarti hanya bunga saja yang ada di sini. Kamu bisa menikmati taman labirin, go-kart, bumper boat, ATV, dan naik kereta kecil mengelilingi kawasan ini (saya sudah coba, ini yang paling seru). Intinya kalau suka naik wahana atau mengendarai kendaraan kecil, tempat ini sangat cocok, terutama untuk keluarga muda dan anak muda yang gak tahu malu.

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar Yang satu ini lebih dekat ke Kota Bogor dibanding ke kawasan Puncak, dan masih banyak orang belum tahu tentang tempat wisata yang satu ini. Gunung Pancar mirip-mirip dengan Bukit Moko di Bandung, yaitu sebuah gunung kecil dengan banyak pohon pinus yang membuat kamu seakan tidak lagi di Indonesia. Kamu bisa camping, hiking, atau hanya sekadar menikmati alam yang masih asri dan teduh. Saking bagusnya, banyak orang yang melakukan sesi pemotretan pre-wedding di sini.
  • Instagram: @gunungpancar
  • Alamat: Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Muuuadang, Bogor, Jawa Barat 16810. Buka di Google Maps.

5. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Salah satu tempat favorit keluarga muda maupun keluarga besar untuk piknik dan melepas penat. Tempat ini menyajikan pemandangan yang bisa untuk mencuci mata dan juga bersantai-santai di akhir pekan. Merupakan sebuah taman besar di tengah kota Bogor, kamu bisa bersepeda, jogging, atau sekadar jalan-jalan mengelilingi tempat ini. Jangan lupa, tempat ini adalah kebun botani tertua di Asia Tenggara lho, jadi manfaatkan juga untuk mengenal berbagai macam tumbuhan yang ada di situ.
  • Instagram: @kebunraya_id
  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Buka di Google Maps.

6. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor Sangat rugi kalau kamu cuma punya kesempatan ke Bogor sesekali namun gak nyobain ke Taman Safari. Dengan luas area sebesar 168 hektare, tentu tempat wisata yang satu ini tidak akan mengecewakan. Kamu bisa melihat fauna yang ada langsung seperti di habitatnya masing-masing sambil berkendara. Kapan lagi melihat singa dari jarak 1 meter? Oh ya, untuk beberapa binatang yang nocturnal atau hanya aktif ketika malam, kamu juga bisa cobain Safari Malam! Walaupun agak mahal untuk kebanyakan orang Indonesia, tapi tempat wisata yang satu ini sangat worth it!

7. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure Nah ini dia tempat main airnya orang Bogor yang sudah cukup populer selama bertahun-tahun. Ada berbagai wahana air outdoor yang sangat pas untuk anak-anak dan keluarga. Singkat kata, tempat ini adalah kolam renang yang didesain untuk bocil.
  • Instagram: @thejunglebogor
  • Alamat: Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16132. Buka di Google Maps.

8. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort Mengusung konsep glamping, yaitu glamorous camping, alias camping yang glamor/mewah, tempat ini biasa didatangi keluarga, baik keluarga kecil maupun keluarga besar. Pemandangan yang bisa kamu lihat adalah Gunung Salak, dan tenda yang ditawarkan mempunyai desain ala suku Native American. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari kolam renang, perosotan, karaoke, lapangan futsal, dan flying fox.

9. Little Venice Puncak

Little Venice Puncak Ingin merasakan kota Venezia di Bogor? Kamu bisa. Kunjungi saja Little Venice di Puncak. Merupakan tempat wisata yang desainnya mengikuti kota Venezia di Italia, dijamin kamu serasa isekai ke sana. Tempat ini merupakan bagian dari Wisata Kota Bunga dan dilengkapi dengan banyak hiburan, seperti misalnya gondola sewaan yang bisa kamu bawa keliling danau buatan. Sangat cocok untuk keluarga dan anak muda yang ingin pansos dengan selfie-selfie di Italia KW.

10. The Illusion Bogor

The Illusion Bogor The Illusion adalah tempat yang menawarkan spot-spot foto unik dengan konsep ilusi optik dan lukisan/gambar 3D serta ruangan yang segalanya serba terbalik. Teruntuk kamu artis IG atau sekadar orang yang doyan cari foto-foto unik dan lucu, tempat ini sangat pas untuk dikunjungi, terutama di hari kerja (biar sepi!). Jangan lupa, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah kalau booking via travel app!
  • Instagram: @the_illusion_bogor
  • Alamat: The Jungle Mall, Jl. Tirta Nirwana Raya No.119, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135. Buka di Google Maps.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata di Bogor yang cukup populer untuk saat ini. Tapi, ada banyak tempat wisata yang belum sempat dibahas di sini, tunggu saja kelanjutannya di artikel-artikel selanjutnya.
Kembali ke Beranda