25 Tempat Wisata Di Jogja Yang Paling Populer

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Jogja Yang Paling Populer

Jogja, sebuah provinsi yang juga merupakan sebuah kota, dan juga ibu kota. Ya mirip Jakarta sih. Kota ini dikenal dengan banyak julukan, mulai dari kota gudeg sampai kota pelajar. Tapi satu hal yang cukup terkenal dari Jogja adalah...tempat wisatanya! Ada banyak tempat dan hal yang bisa kamu nikmat selama berlibur di sini, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner. Yuk coba kita lihat apa saja yang ditawarkan oleh Jogja!

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Belum ke Jogja kalau belum ke Jalan Marlboro...eh Malioboro maksudnya. Merupakan jalan yang paling ikonik di Jogja, Malioboro adalah tempatnya semua kalangan mulai dari rakyat jelata sampai sosialita. Di sini biasanya orang-orang belanja oleh-oleh dan suvenir khas Jogja dan juga makan serta jajan makanan khas Jogja. Kalau kamu naik kereta dan turun di Stasiun Tugu, maka kamu bisa langsung jalan kaki ke sini karena memang jaraknya sangat dekat. Tapi perlu diingat, cari parkir di sini sangat susah, terutama kalau bawa mobil, jadi pastikan kamu datang ketika masih sepi ya!
  • Instagram: Jalan Malioboro
  • Alamat: Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta. Buka di Google Maps.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta Jogja merupakan sebuah Daerah Istimewa yang dipimpin oleh seorang raja, yaitu untuk saat ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dan yang namanya kerajaan, pasti punya istana, dan tidak lain kalau Keraton Yogyakarta adalah istana milik Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kalau kamu ingin tahu sejarahnya, terdapat banyak guide yang bisa disewa untuk mengantarmu berkeliling sembari menceritakan banyak hal seputar tempat tersebut. Walau ya biasanya sekalian buat minta tolong fotoin juga sih.
  • Instagram: @kratonjogja
  • Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka di Google Maps.

3. Taman Sari

Taman Sari Masih berada di area Benteng Kraton Yogyakarta, tempat ini dulunya adalah pemandian untuk Sultan dan juga para permaisurinya. Sekarang tentunya sudah tidak digunakan lagi, dan malah menjadi tempat wisata karena desain arsitektur tempatnya sangat unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Ada lorong-lorong bawah tanah yang bentuknya mirip bunker perang yang sering dijadikan tempat foto oleh para wisatawan. Kalau kamu ingin tahu bagaimana sultan jaman dulu mandi dengan para permaisurinya, kamu harus ke tempat ini!

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur Candi Borobudur tidak berada di Jogja...namun kalau orang ke Jogja, biasanya mereka juga ke sini, jadinya saya masukkin ke sini. Merupakan bangunan kuno paling terkenal di Indonesia, dan juga yang paling sering dibangga-banggakan orang Indonesia, Candi Borobudur memang benar-benar besar dan megah. Mau fakta unik lainnya? Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia! Pokoknya ini merupakan salah satu tempat wisata paling wajib kalau di Indonesia.
  • Instagram: @borobudurpark
  • Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Buka di Google Maps.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan Kalau Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia, maka Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi, oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Para ahli mengestimasi bahwa dulu terdapat sekitar 240 candi, walau sekarang hanya tersisa 18 saja. Kalau kamu penikmat arsitektur kuno, maka candi ini patut dijadikan tujuan wisata kamu.
  • Instagram: @prambananpark
  • Alamat: Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Buka di Google Maps.

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Merupakan pantai di Jogja yang paling 'populer' alias banyak turis yang datang ke sini. Sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dengan pantai ini, hanya saja ini merupakan pantai yang paling ramai dan populer dari dulu sehingga banyak kegiatan dan makanan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari sekadar main air dan pasir, duduk-duduk santai, naik delman atau kuda, sampai menikmati sunset, semua kegiatan standar pantai bisa dilakukan di sini.

7. Lereng Gunung Merapi/Kaliadem

Lereng Gunung Merapi/Kaliadem Dengan menyewa mobil jip, kamu bisa menyusuri lereng Gunung Merapi untuk melihat sisa-sisa letusan Merapi pada tahun 2006 dan 2010. Kamu akan melewati jalan yang sangat jelek, jadi pastikan kamu tidak sakit pinggang ketika menaiki jip. Kamu juga akan melihat dua jurang hasil letusan, serta mengunjungi Museum Mini Sisa Hartaku untuk melihat dampak letusan terhadap pemukiman di dekat Merapi, seperti misalnya sepeda motor yang meleleh, kerangka binatang ternak, serta jam yang berhenti berdetak ketika Merapi meletus. Cukup bikin bulu kuduk berdiri ketika kamu melihat seberapa dahsyat letusan Merapi.

8. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Walau terletak di Jalan Malioboro, saya putuskan untuk memisahkan pasar ini karena tidak pantas rasanya kalau tidak dijadikan entry sendiri. Pasar tertua di Yogyakarta ini terkenal sebagai pusat belanja oleh-oleh dan suvenir untuk para turis yang datang ke Jogja. Berbagai macam barang tersedia di pasar ini, mulai dari pakaian, batik, makanan, uang kuno, jamu, hingga barang antik yang langka. Walaupun tidak berniat belanja, tapi untuk sekadar window shopping saja juga seru kok.
  • Instagram: Pasar Beringharjo
  • Alamat: Pasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Buka di Google Maps.

9. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Merupakan candi yang terkenal dengan pemandangan sunset-nya, Candi Ratu Boko juga masih satu manajemen dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur, jadi kalau kamu punya tiket terusan, kamu bisa ke sini dengan hanya satu tiket. Karena berlokasi di tempat yang tinggi, kamu bisa melihat kota Yogyakarta dari tempat ini. Dan walaupun namanya Candi, sebenarnya tempat ini lebih merupakan sisa-sisa istana sebuah kerajaan. Ketika berada di sini, kamu bisa membayangkan kehidupan para bangsawan Jawa ribuan tahun lalu.
  • Instagram: @ratubokopark
  • Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5572. Buka di Google Maps.

10. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark Mau berenang, main air, dan perosotan? Jogja juga punya tempatnya, namanya Jogja Bay Waterpark. Tempat ini merupakan salah satu wahana bermain air terbesar di Indonesia, lho. Kamu bisa tenang karena mayoritas wahana air standar yang ada di waterpark lainnya juga ada di sini. Jadi tunggu apa lagi, bawa keluarga kecil kamu ke sini!
  • Instagram: @jogjabay
  • Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Buka di Google Maps.

11. Candi Sewu

Candi Sewu Merupakan 'tetangga'-nya Candi Prambanan, Candi Sewu hanya berjarak 800 meter dari Candi Prambanan. Jadi, kalau kamu ke Candi Prambanan, nanggung kalo gak ke Candi Sewu juga. Sewu berarti seribu dalam bahasa Jawa, dan Candi Sewu dinamakan demikian karena jumlahnya banyak (253 candi) sehingga terkesan ada seribu. Oh ya, candi ini lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan lho.
  • Instagram: Candi Sewu
  • Alamat: Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka di Google Maps.

12. Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe Daerah Gunung Kidul adalah tempatnya pantai-pantai indah, dan salah satunya adalah Pantai Ngrawe. Pantai ini adalah pantai baru yang baru saja dikembangkan dengan cantik. Ada banyak bangku putih, pohon palem yang disusun rapi, serta pasir yang putih. Pokoknya terkesan profesional dan serasa berada di luar negeri. Selain itu, pantai ini juga punya julukan sebagai Pantai Mesra karena banyak pasangan yang melakukan sesi pemotretan pre-wedding di sini. Karena masih baru dan masih dikembangkan, fasilitas pantai ini akan terus bertambah dan makin lengkap.
  • Instagram: @pantai_ngrawe
  • Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Buka di Google Maps.

13. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut Air terjun yang satu ini berada cukup jauh dari kota Jogja, namun masih dalam wilayah DIY. Untuk kamu yang petualanga, air terjun ini bisa disinggahi sebentar karena walaupun lokasinya terpencil, namun air terjun ini sangat cantik dan unik. Bagaimana tidak, warna airnya ada dua, yaitu putih dan hijau toska! Terdapat juga kolam alami atau 'kedung' sedalam dada orang dewasa yang bisa dijadikan tempat berain air. Sekarang bahkan ada flying fox dan juga sepeda angkasa yang bisa kamu coba!
  • Instagram: Air Terjun Kedung Pedut
  • Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Buka di Google Maps.

14. Pantai Sinden & Pulau Kalong

Pantai Sinden & Pulau Kalong Pantai Sinden bukanlah pantai cantik yang mempunya hamparan pasir putih yang luas. Justru, pantai itu cukup ekstrim karena cukup terjal dengan tebing tinggi di pinggir laut. Namun di sini terdapat sebuah pulau kecil yang sangat dekat dengan pantai, yaitu Pulau Kalong. Terdapat jembatan gantung yang menghubungkan pantai dengan pulau, dan buat kalian yang berani, silakan mencoba menyeberanginya dengan hati-hati. Tertarik?
  • Instagram: Pulau Kalong
  • Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Buka di Google Maps.

15. Pantai Timang

Pantai Timang Pantai yang satu ini cukup berbeda dari kebanyakan pantai, kenapa? Karena daya tariknya bukanlah pasir pantai yang indah melainkan tantangan menyeberang ke suatu pulau menggunakan kereta gantung! Kereta gantungnya terbuat dari kayu, dan talinya bukan tali baja, melainkan hanya tali tambang tebal biasa! Kalau kamu pemberani, cobain naik kereta gantung tersebut dan abadikan momen kamu ketika menyeberang.
  • Instagram: @pantai_timang
  • Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Buka di Google Maps.

16. Pantai Jogan

Pantai Jogan Bukan, ini bukan pantai Joe Rogan *garing*. Pantai ini merupakan tipe pantai yang cukup langka, karena terdapat air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Pantai ini kerap dilewatkan wisatawan karena masih harus berjalan kaki beberapa ratus meter dari Pantai Siung yang lebih terkenal. Tapi, buat kalian yang ingin menikmati mandi air terjun tersebut, terdapat juga tali untuk turun dengan metode rappelling. Tentu diperlukan kemampuan yang memadai dan harus ekstra hati-hati, karena walaupun pakai tali pengaman, kamu tetap bisa cedera kalau sok tahu. Oh ya, hati-hati dengan kepiting kecil yang berada di di situ yang siap mencapit kamu kalau terlalu dekat.
  • Instagram: Pantai Jogan
  • Alamat: Jl. Pantai Siung, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Buka di Google Maps.

17. Goa Pindul

Goa Pindul Goa Pindul merupakan goa wisata yang bisa dikunjungi turis dan memiliki sungai bawah tanah yang nyambung dengan Sungai Oyo. Kamu juga bisa menyusuri sungai ini dengan cara naik ban atau istilahnya river tubing. Kalau kamu belum pernah tubing, ini mungkin tempat yang tepat untuk mencobanya! Durasinya sekitar 45 menit saja kok! Oh ya, gua ini panjangnya sekitar 350 meter, lebar sekitar 5 meter, dan kedalaman air antara 5 sampai 12 meter. Terdapat tiga zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Kamu juga akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah di sepanjang gua.
  • Instagram: @goapindul.id
  • Alamat: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813. Buka di Google Maps.

18. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Pantai Nglambor adalah salah satu dari sekian banyak pantai-pantai cantik di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Namun, yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lainnya adalah kondisinya yang cocok untuk kegiatan snorkeling dan berenang karena ombaknya tidak terlalu besar, tidak seperti pantai selatan pada umumnya. Hal ini disebabkan dua gunung karang yang berada di bibir pantai yang menyebabkan ombak besar terpecah dan tidak sampai ke pantai, menyebabkan air di pantai ini relatif tenang dan berasa seperti kolam saja. Untuk kamu yang ingin snorkeling dan melihat ikan-ikan laut secara langsung, Pantai Nglambor patut dijajal!
  • Instagram: @pantai_nglambor
  • Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka di Google Maps.

19. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Museum yang satu ini dibangun di Sleman dengan luas sekitar 1,2 hektare dan suhu udara sekitar 15-20 derajat Celcius. Desain bangunannya juga sangat unik, dengan banyaknya undakan, kelokan, serta lorong dan labirin yang dijamin membuat kamu merasa sedikit bingung. Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Datang ke sini akan menambah wawasan kamu mengenai sejarah kebudayaan Jawa! Oh ya, jangan lupa, museum ini mempunyai aturan yang ketat. Salah satunya adalah dilarang memfoto semua objek yang ada di museum ini. Jadi, jangan sampai dilanggar ya! Pengalaman saya, museum ini dikelola dengan sangat profesional, tidak seperti museum di Indonesia pada umumnya.
  • Instagram: @ullensentalu
  • Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Buka di Google Maps.

20. Bukit Klangon

Bukit Klangon Bukan, ini bukan bukit milik bangsa Klingon *garing lagi*. Bukit ini merupakan bukit yang terletak di dekat Gunung Merapi, tepatnya di kakinya. Selain sejuk dan menawarkan pemandangan yang menyejukkan jiwa dan raga, bukit ini juga memungkinkan kamu untuk melihat dan berfoto dengan latar belakang tidak lain tidak bukan Gunung Merapi itu sendiri! Kalu kamu suka sepedaan downhill, kamu juga bisa melakukannya di sini (katanya sih).
  • Instagram: Bukit Klangon Merapi
  • Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Buka di Google Maps.

21. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Mirip seperti Bukit Moko di Bandung, yang satu ini juga menyajikan hutan pinus yang bikin suasana adem dan tentram. Cocoknya sih datang ke tempat ini ketika pagi atau sore, karena tempat ini lagi sejuk-sejuknya dan pemandangannya paling indah. Atau kalau kamu berani di malam hari juga oke, karena kamu bisa melihat kota Jogja dengan kelap-kelip lampunya. Dan jangan lupa, ada banyak spot foto yang pokoknya instagrammable di tempat ini, contohnya rumah pohon, sarang burung raksasa, dan instalasi tangan raksasa yang terbuat dari kayu.
  • Instagram: @pinuspengger
  • Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Buka di Google Maps.

22. Goa Jomblang

Goa Jomblang Goa Jomblang adalah salah satu tempat wisata yang ketenarannya menjulang dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya adalah 'Cahaya Surga' yang sangat populer di Instagram. Tapi perlu diingat, bahwa menyusuri Goa Jomblang butuh energi serta sedikit kelincahan karena kamu akan diturunkan ke dalam cekungan dengan kedalaman 60 meter menggunakan tali (rappelling), kemudian dilanjut trekking beberapa menit ke perut goa. Hati-hati juga karena jalurnya cukup berlumpur. Kalau kamu berhasil masuk, semua pengorbanan akan terbayar karena pemandangan di dalam sangat indah!
  • Instagram: @pinuspengger
  • Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Buka di Google Maps.

23. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Merupakan salah satu pantai selatan paling populer di Jogja, Pantai Indrayanti ini juga dekat dengan pantai-pantai populer lainnya, sebut saja Pantai Krakal, Pantai Sundak, dan Pantai Pok Tunggal. Pasir putih, pemandangan indah, serta terdapat juga restoran yang bisa kamu hampiri ketika memandang sunset di sini. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari penjaja makanan dan tikar, tempat ibadah, toilet, kamar mandi, serta penginapan dengan harga yang bervariasi. Pemandangan yang indah ditambah fasilitas yang lengkap, tunggu apa lagi?

24. Pantai Depok

Pantai Depok Loh, Depok kok di Jogja? Bukannya Depok itu selatan-nya Jakarta ya? Eits...walau sama-sama panas, tapi Depok yang satu ini adalah sebuah pantai di Jogja. *oke garing lagi* Pantai ini terkenal dengan kuliner lautnya yang khas, yaitu ikan-ikan segar dan sejumlah tangkapan hasil laut lainnya yang disajikan di restoran-restoran di pinggir pantai ini. Dan tidak jauh dari pantai ini, kamu bisa melihat pemandangan gumuk pasir yang cuma ada satu di Asia Tenggara.

25. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo Kalau kamu pernah lihat foto atau video teman kamu lagi sandboarding di Indonesia, kemungkinan besar lokasinya di sini. Tidak perlu jauh-jauh ke Arab untuk melakukan sandboarding, cukup ke Jogja saja karena kita juga punya sand dune yang mantap. Di malah hari pun gumuk ini juga indah, dengan pemandangan bintang di langit serta pasir yang membuat kamu seolah-olah pengembara yang kesasar di gurun Sahara. Yang jelas, banyak anak muda ingin pansos dengan foto-foto di sini karena spot-nya memang sangat instagrammable.
  • Instagram: Gumuk Pasir Parangkusumo
  • Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Buka di Google Maps.

Ya itu lah beberapa tempat wisata di Jogja yang sudah saya himpun. Hampir semuanya cukup terkenal dan beberapa bahkan legendaris dan masih bertahan sampai sekarang. Kalau kamu ke Jogja, jangan cuma fokus ke makanannya saja, tapi juga nikmati suasana tempat-tempatnya.
Kembali ke Beranda