25 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Populer

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Paling Populer

Jakarta! Kota paling terkenal seantero tanah air kita Indonesia. Selain merupakan Daerah Khusus Ibukota (DKI), Jakarta juga merupakan pusat bisnis dan entertainment Indonesia (wisata masih dipegang Bali!). Merupakan kota terpadat dan juga paling beragam manusianya, Jakarta juga tempat ngumpulnya orang stress dan berduit, yang membuat banyak tempat wisata yang bermunculan kian hari. Apa saja tempat wisata di Jakarta yang terkenal? Yuk kita lihat.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Taman rekreasi yang didirikan oleh mantan Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto, ini merupakan sebuah arena wisata edukasi, sejarah, dan juga sekaligus tempat wisata modern yang menarik. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah replika dan miniatur berbagai budaya dari 33 (waktu dibuat masih 33!) provinsi di Indonesia. Selain miniatur dan replika, Taman Mini juga memiliki berbagai wahana menarik seperti Teater/Bioskop IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, Kereta Gantung, Anjungan Daerah, SnowBay, Teater 4D, perahu angsa, serta beberapa museum wahana seru lainnya seperti Pusat Peragaan IPTEK (cocok untuk nerd!) yang sayang jika dilewatkan. Dan karena lokasinya yang sangat mudah diakses (dekat jalan tol), maka tidak perlu bermacet-macetan di jalan untuk ke sini.

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan) Merupakan salah satu theme park tertua di Indonesia, Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan Dufan adalah tempat wisata yang bisa dibilang sangat terkenal di Indonesia, terutama di kalangan penduduk Jakarta. Mau kamu bersama keluarga, bersama teman, pasangan, atau pun sendiri,  Dufan adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk orang-orang yang suka menaiki berbagai macam wahana, mulai dari yang lucu, seru, sampai menegangkan. Dan kalau kamu punya hidup yang fleksibel dari segi lokasi dan waktu, maka lebih baik beli tiket tahunan Dufan seharga kisaran Rp400 ribu untuk mendapatkan akses ke Dufan setahun penuh sebebas-bebasnya.
  • Instagram: @infodufan
  • Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Buka di Google Maps.

3. Sea World Ancol

Sea World Ancol Tempat ini sama seperti Dufan, masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan lokasinya juga tidak jauh dari Dufan. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kehidupan laut via akuarium raksasa dan juga berjalan di bawah air dan melihat para diver berinteraksi dengan ikan dan hewan laut. Sea World sangatlah menarik, terutama untuk anak-anak dan orang dewasa yang sedang pacaran. Tapi ingat, walau beberapa area memungkinkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan beberapa hewan laut (bintang laut misalnya), jangan sampai kita menyakiti mereka ya.
  • Instagram: @seaworld.ancol
  • Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Buka di Google Maps.

4. Atlantis Water Adventures Ancol

Atlantis Water Adventures Ancol Taman Impian Jaya Ancol memang memilik banyak tempat wisata, dan kalau kamu sudah bosan dengan Dufan dan Sea World, mungkin bermain air di Atlantis Water Adventures bisa dicoba. Pada dasarnya, tempat ini adalah kolam renang dengan berbagai macam wahana air yang tentunya membuat pengalaman bermain air makin seru dan asyik. Dan karena masih satu lokasi dengan Dufan dan Sea World, aksesnya sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.
  • Instagram: @atlantiswateradventures
  • Alamat: Taman Impian Jaya, Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Buka di Google Maps.

5. Pantai Ancol

Pantai Ancol Merupakan pantai yang sangat familiar di kalangan orang Jakarta, pantai Ancol adalah pantai paling padat setiap weekend dan musim liburan. Dulu, pantai ini terkenal kotor, namun sekarang kondisinya sudah bersih karena sudah dikelola dengan baik oleh pihak manajemen Taman Impian Jaya Ancol. Masuk ke area pantai tidak dipungut biaya alias gratis, dan akses ke pantai ini terbuka 24 jam alias tidak pernah tutup. Kalau kamu doyan selfie di pantai dan berjemur (kayaknya yang ini enggak ya), pantai Ancol bisa jadi pilihan yang praktis karena jaraknya yang dekat (bagi orang Jakarta).
  • Instagram: @ancoltamanimpian
  • Alamat: Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Buka di Google Maps.

6. Waterbom Pantai Indah Kapuk

Waterbom Pantai Indah Kapuk Waterbom merupakan wisata permainan air yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai macam permainan air dan perosotan, mulai dari yang cupu sampai yang lumayan menegangkan. Terdapat juga Aquatube, yaitu sebuah permainan berupa seluncur air dengan panjang sekitar 118 m dan tinggi 14,5 m. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, serta setiap wahana dilengkapi kru-kru yang profesional dan terlatih yang dilengkapi dengan alat-alat keselamatan dan P3K. Pokoknya gak rugi deh kalau main air di sini!
  • Instagram: Waterbom Pantai Indah Kapuk
  • Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk Jl. Pantai Indah Barat No.1, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Buka di Google Maps.

7. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Merupakan suatu gugusan pula-pulau kecil, baik yang berpenghuni maupun tidak di bagian utara Jakarta, Kepulauan Seribu telah menjadi destinasi liburan pulau orang Jakarta sejak bertahun-tahun lalu. Ada beberapa pulau yang paling sering dikunjungi para wisatawan, contohnya Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan Pulau Pasir Perawan. Di Pulau Tidung kamu bisa menikmati keindahan alamnya dan berfoto di atas Jembatan Cinta yang menghubungkan Tidur Besar dan Tidung Kecil. Di Tidung Besar masih banyak rumah warga sedangkan di Tidung Kecil kamu akan menemukan konservasi hutan bakau.

8. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan sebuah pusat kebudayaan, kesenian, dan keilmuan yang berlokasi di Jakarta Pusat. Taman yang namanya diambil dari nama pencipta lagu legendaris di Indonesia ini dibuka pada tahun 1968 dan telah menjadi salah satu tempat wisata ikonik untuk para penikmat budaya dan seni. Dan kalau kamu belum tahu, Insitut Kesenian Jakarta dan Planetarium merupakan bagian dari Taman Ismail Marzuki, lho. Oh ya, hampir setiap hari terdapat berbagai pertunjukkan kesenian, pagelaran tari dan drama, serta pameran lukisan dan kerajinan tangan.
  • Instagram: @uppkjtim
  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Buka di Google Maps.

9. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Yang satu ini merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia (dan mungkin yang tertua juga). Paling luas, paling lengkap, dan paling seru. Pokoknya paling paling paling deh. Di kala hari libur, tempat ini dipenuhi oleh para keluarga yang membawa anak kecilnya untuk melihat-lihat binatang yang jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Oh ya, walaupun isinya kebanyakan keluarga, Ragunan juga bisa jadi tempat hiking bersama pasangan atau teman kencan, karena areanya yang sangat luas dan banyak hal yang bisa jadi topik, misalnya kenapa tapir itu jelek? Soalnya kalo cantik itu kamu. ?
  • Instagram: @ragunanzoo
  • Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Buka di Google Maps.

10. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Tempat wisata bersejarah lainnya yang bisa kita temukan di Jakarta adalah Museum Fatahillah. Museum Fatahillah sendiri dulunya merupakan kantor Gubernur Jenderal Batavia pada zaman pendudukan Belanda di Nusantara. Selain memamerkan berbagai benda peninggalan masa kolonial seperti misalnya Meriam Si Jagur yang sangat melegenda tersebut, museum ini juga mengoleksi replika prasasti dan benda seni dari zaman kerajaan hingga masa kini. Banyak juga orang yang hanya sekadar numpang foto dan jajan karena memang banyak jajanan tradisional dan lapak penjual barang-barang murah dan unik di sekitaran museum yang juga masuk kawasan Kota Tua.
  • Instagram: Museum Fatahillah
  • Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Buka di Google Maps.

11. Museum Gajah

Museum Gajah Merupakan museum dengan koleksi prasasti, benda seni, kerajinan keramik, tembikar, pakaian, perabot, perhiasan, senjata, dan seni pahat terbesar di Indonesia, museum ini tidak memelihara gajah sama sekali. Loh kok? Nama Museum Gajah diambil karena ada patung gajah di bagian depan museum, sedangkan nama resminya adalah Museum Nasional Indonesia. Baru tahu kan sekarang? Dan katanya, museum ini juga menyimpan mahkota asli dari para raja-raja yang pernah berkuasa di Indonesia dahulu  kala. Akses ke museum ini juga sangat mudah karena berada di kawasan yang strategis, yaitu di Jalan Medan Merdeka Barat.

12. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas) Siapa yang pernah menggambar Monas waktu TK dulu? Saya rasa mayoritas anak TK dan SD pasti pernah menggambar Monas (dan dua gunung) ketika ada pelajaran menggambar. Selain monumen, ternyata terdapat museum juga di bagian bawah Monas loh. Kamu bisa melihat diorama sejarah Indonesia di museum tersebut. Dan kalau kamu beruntung dan diberi akses, kamu bisa naik ke puncak Monas dan melihat Jakarta dari ketinggian kurang lebih 132 meter. Di bagian bawah Monas juga terdapat Taman Monas tempat banyak warga dan wisatawan berjalan-jalan dan jajan dan beli mainan maupun suvenir.

13. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Masjid Istiqlal adalah masjid nasional Republik Indonesia dan berada di pusat kota, berdekatan dengan Monas, Istana Presiden, dan juga Gereja Katedral. Letak masjid dan gereja yang berdekatan juga merupakan sebuah simbol kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Oh ya, buat yang belum tau, Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia...dan juga Asia Tenggara, serta masuk ke dalam daftar masjid terbesar di dunia berdasarkan kapasitas jemaah. Selain untuk beribadah, banyak juga orang yang datang ke sini untuk berwisata dan melepas penat.
  • Instagram: @masjidistiqlal.official
  • Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Buka di Google Maps.

14. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta Merupakan salah satu gereja katolik paling ikonik di Indonesia, Gereja Katedral Jakarta mengusung desain neo-gotik ala Eropa abad 20 awal. Diresmikan pada tahun 1901, gedung gereja ini ternyata bukan yang aslinya lho. Yang aslinya diresmikan pada tahun 1810 namun sempat terbakar pada 1826 dan roboh pada 1890. Karena bentuknya yang klasik dan mewah, gereja ini sering dijadikan tempat pre-wedding. Oh ya, walaupun ini gereja katolik, tapi ternyata gereja ini juga terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.
  • Instagram: @katedraljakarta
  • Alamat: Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Buka di Google Maps.

15. Kelenteng Jin De Yuan/Vihara Dharma Bhakti

Kelenteng Jin De Yuan/Vihara Dharma Bhakti Kelenteng Jin De Yuan merupakan kelenteng tertua di Jakarta dan terletak di Kawasan Pecinan Lama atau chinatown, Glodok. Kelenteng/vihara ini didirikan pada tahun 1650 oleh Letnan Kwee Hoen. Selain menjadi tempat beribadah umat Konghuchu, kelenteng ini juga merupakan saksi bisu dari berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia. Desain arsitektur yang khas Cina daratan ini membuat klenteng ini sangat populer sebagai tempat wisata, baik hanya untuk foto atau wisata spiritual.
  • Instagram: Vihara Dharma Bhakti
  • Alamat: Jalan Kemenangan III Petak Sembilan No. 19, RT.3/RW.2, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120. Buka di Google Maps.

16. Pondok Indah Waterpark

Pondok Indah Waterpark Di Pondok Indah, selain ada mall dan lapangan golf, ada juga kolam renang yang seru dan asyik, yaitu Pondok Indah Waterpark. Fasilitas standar kolam renang wisata seperti perosotan tinggi dan kolam arus ada di sini, dan kamu bisa melihat pemandangan kota Jakarta Selatan dari puncak perosotan. Dan lagi, salah satu hal yang membuat wisata air yang satu ini berbeda dengan kolam renang lain pada umumnya adalah adanya wahana Flow Rider yang membuat kamu bisa berselancar atau surfing di kolam khusus. Kamu juga bisa merasakan ombak artifisial atau buatan di Wave Pool dan juga berolahraga renang yang sesungguhnya di kolam olimpiknya.
  • Instagram: @piwaterpark
  • Alamat: Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310. Buka di Google Maps.

17. Jakarta Planetarium

Jakarta Planetarium Kalau kamu suka memandang langit untuk melihat bintang dan galaksi, atau kamu nerd yang tertarik dengan ilmu alam, maka Planetarium adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Kamu bisa mempelajari banyak hal tentang alam semesta dan hal-hal berbau astronomi, sehingga tidak heran kalau tempat ini jadi langganan tempat wisata anak sekolahan. Kamu juga harus coba masuk teaternya dan melihat pemandangan langit sambil duduk dan wajah menghadap langit-langit, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.
  • Instagram: @planetariumjkt
  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Buka di Google Maps.

18. Kota Tua

Kota Tua Merupakan kawasan standar bagi anak muda Jakarta untuk hunting foto gaul buat dipajang di Instagram, Kota Tua adalah kawasan yang sangat ikonik untuk warga Jakarta. Kalau Bandung punya Jalan Braga, maka Jakarta punya Kota Tua. Desain gedung dan bangunan di tempat ini tetap dilestarikan sesuai aslinya, selain untuk menjaga aesthetic juga sebagai bukti sejarah kolonialisme Eropa di zaman dulu. Kamu juga bisa jajan-jajan juga karena banyak penjual makanan kaki lima yang menjual makanan tradisional. Oh ya, kalau malam Kota Tua ini lebih ramai lagi dan makin banyak yang jualan dan nongkrong.
  • Instagram: @wisatakotatua
  • Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Buka di Google Maps.

19. Ice Skating Skyrink Mall Taman Anggrek

Ice Skating Skyrink Mall Taman Anggrek Walaupun Indonesia adalah negara tropis dan umumnya tidak bersalju apalagi punya danau beku yang bisa dijadikan tempat ice skating, tenang saja. Di Mall Taman Anggrek terdapat fasilitas untuk ice skating yang terbuka untuk umum kok. Kamu hanya tinggal datang membawa uang saja, dan masalah sepatu, sarung tangan, hingga pelatih sudah tersedia di sana. Berkat teknologi, ice skating sekarang bisa dilakukan di mana saja kapan saja!
  • Instagram: @skyrink_jakarta
  • Alamat: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470. Buka di Google Maps.

20. Museum Macan

Museum Macan Kalau tadi ada Museum Gajah yang tidak ada gajahnya, sekarang ada Museum Macan yang tidak ada macannya. Unik memang ya nama museum di Jakarta. Nah, yang membuat museum ini berbeda adalah...di saat museum lain biasanya menyimpan koleksi yang jadul dan kuno dan bersejarah, Museum Macan justru mempunyai koleksi seni yang modern dan kontemporer alias kekinian karena Macan sendiri adalah kependekan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi, jangan harap bakal melihat macan di sini, kalau mau ke Ragunan sana.
  • Instagram: @museummacan
  • Alamat: AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530. Buka di Google Maps.

21. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk Kawasan Pantai Indah Kapuk tidak melulu diisi rumah-rumah mewah saja, melainkan juga sebagai tempat konservasi hutan bakau juga loh. Di sini kamu bisa melihat seperti apa penampakan hutan mangrove dan juga melihat beberapa jenis fauna seperti biawak. Dan sudah pasti, tempat ini pastinya sangat instagrammable, jadi jangan lupa untuk berselfie ria dan langsung post di IG.
  • Instagram: @twa_mangrove
  • Alamat: Jl. Garden House No.4, RT.8/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Buka di Google Maps.

22. KidZania Jakarta

KidZania Jakarta Di sinilah tempatnya mimpi anak-anak menjadi kenyataan, karena di KidZania kamu bisa jadi apapun yang kamu inginkan *syarat dan ketentuan berlaku*. Di sini, anak-anak bisa mencoba untuk menjadi dokter, perawat, dokter, pemadam kebakaran, dan masih banyak profesi yang sering kita lihat di TV namun jarang di dunia nyata. Anak kamu gak akan bisa jadi System Analyst atau Corporate Legal atau YouTuber toxic kalau lagi di sini.
  • Instagram: @kidzaniajakarta
  • Alamat: Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190. Buka di Google Maps.

23. Setu Babakan

Setu Babakan Di awal pendiriannya, Setu Babakan merupakan daerah resapan Jakarta Selatan, namun seiring waktu, tempat ini justru menjadi cagar budaya untuk pelestarian budaya Betawi dan bahkan menjadi tempat pemukiman orang-orang Betawi asli. Di tempat ini tidak dipungut biaya, namun ada banyak jajanan khas Betawi dan es campur yang nikmat yang bisa dinikmati sembari mengayuh bebek-bebekan di danaunya. Overall, tempat ini merupakan salah satu tempat paling memorable di Jakarta Selatan.

24. Trans Snow World

Trans Snow World Walaupun sebenarnya bukan berlokasi di Jakarta, tapi karena Bekasi mepet Jakarta jadi ya tanggung sekalian saja saya masukkan ke sini. Inti dari tempat ini adalah...salju buatan yang bisa membuat kamu hemat jutaan rupiah karena tidak perlu ke Eropa untuk main salju, walau ya main salju asli tentu lebih menarik. Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, tapi yang paling utama ya mainan salju aja sih.

25. Museum Bahari

Museum Bahari Kalau tadi Museum Gajah dan Museum Macan gak nyambung dengan nama museum-nya, Museum Bahari sesuai kok. Berisikan koleksi yang berhubungan dengan kelautan, di sini kamu bisa menemukan kapal dan perahu tradisional yang dulu digunakan untuk berlayar. Oh ya, desain gedung yang unik disebabkan fungsi asli gedung ini adalah gudang rempah-rempah pada zaman kolonialisme dulu. Kalau kamu ingin tahu bagaimana orang zaman dulu berlayar, silakan kunjungi museum ini.
  • Instagram: @museumkebaharianjkt
  • Alamat: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440. Buka di Google Maps.

Ya itu lah beberapa tempat wisata di Jakarta yang paling populer dan patut dikunjungi oleh warga +62. Tapi ingat, patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa cek artikel saya yang lain!
Kembali ke Beranda