25 Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Surabaya Terpopuler

Merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya tentu merupakan kota dengan kekuatan ekonomi yang cukup kuat. Dan apabila ekonominya cukup kuat, maka buying power warganya juga cukup kuat. Apa yang terjadi ketika penduduk suatu kota cukup mapan? Akan ada banyak tempat wisata di kota tersebut! Nah, karenanya, di artikel ini kita akan membahas tempat-tempat wisata di Surabaya yang terkenal.

1. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih Surabaya terkenal dengan banyaknya taman yang ada, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Taman Harmoni Keputih. Menurut beberapa orang bahkan Taman Harmoni Keputih adalah yang sedang hits beberapa waktu ke belakang. Beberapa hal yang menjadi daya tarik taman ini adalah banyaknya bunga yang cantik dan menawan serta tidak adanya biaya untuk masuk ke taman ini alias gratis. Untuk kamu yang suka jalan-jalan atau jogging mungkin taman ini adalah tempat yang cocok.

2. Taman Air Mancur Menari Kenjeran

Taman Air Mancur Menari Kenjeran Nah, kalau yang satu ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi ketika malam hari. Pada malam hari, air mancur akan memancurkan airnya diiringi lampu-lampu warna-warni yang tentunya sangat cocok untuk menjadi latar belakang selfie kamu. Oh ya, kamu bisa menikmati pemandangan air mancur ini dari jembatan megah yang berada di sekitar Pantai Kenjeran. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin tempat wisata murah.

3. Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya Untuk para nerd dan geek militer, tempat yang satu ini sangat wajib dikunjungi. Apalagi kalau bukan untuk melihat kendaraan tempur bawah laut yang tidak lain tidak bukan adalah kapal selam. Dan yang membuat kapal selam ini spesial adalah kapal selam ini adalah KRI Pasopati 410 yang ikut dalam operasi Trikora. Selain itu, pengunjung akan dipertontonkan film pendek tentang pertempuran Laut Aru.

4. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo Merupakan salah satu wisata alam yang cukup digemari warga Surabaya karena bisa menikmati pemandangan yang hijau di kota yang terkenal panas itu. Biaya masuknya pun murah karena memang bukan tempat wisata yang premium, lebih ke tempat wisata yang merakyat. Untuk kamu yang ingin melepas penat dari kehidupan kota dan ingin menikmati pemandangan alam, maka jalan-jalan ke sini bisa dijadikan opsi.

5. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih Tempat wisata alam berikutnya adalah Hutan Bambu Keputih yang tidak kalah unik dibanding hutan mangrove. Konon katanya, hutan bambu yang satu ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah yang kemudian disulap menjadi tempat wisata. Banyak yang menjadikan hutan bambu ini sebagai spot untuk berburu foto untuk diupload ke Instagram, namun tetap butuh sedikit sentuhan agar foto jadi menawan.

6. Surabaya North Quay

Merupakan sebuah tempat yang menawarkan pemandangan pelabuhan dan kapal-kapal yang berpapasan, Surabaya North Quay cukup ramai oleh para wisatawan muda. Di tempat ini, kamu bisa menikmati sunset dan juga angin sepoi-sepoi khas pantai sembari menikmati makanan dan minuman. Selain itu, tempat ini adalah satu dari sekian banyak tempat wisata di Surabaya yang sering dijadikan spot foto untuk kamu anak muda kekinian.

7. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo Merupakan hutan kecil di tengah kota yang sangat populer untuk tempat piknik dan membawa anak-anak melihat keindahan alam tanpa perlu pergi jauh, Kebun Bibit Wonorejo tentu membawa angin segar bagi para wisatawan. Di sini, selain bisa piknik, terdapat juga beberapa wahana outbond dan juga rusa yang bisa diberi makan. Tentu anak-anak akan suka berinteraksi dengan para rusa ini. Secara keseluruhan, Kebun Bibit Wonorejo cukup kalau hanya untuk melepas penat sehari-hari saja.

8. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya Merupakan salah satu tempat wisatawan yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi di Surabaya, Kebun Binatang Surabaya tentu menawarkan hal yang susah ditiru oleh tempat wisata lain, yaitu binatang! Kemana lagi coba kalau ingin melihat-lihat binatang? Pasti ke kebun binatang kan. Oh ya, kebun binatang ini juga merupakan salah satu yang tertua di Indonesia loh.

9. Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya Kalau kamu tertarik dengan dunia tekstil dan juga budaya tradisional, maka tempat ini adalah jawaban dari kedua hal tersebut. Rumah Batik Surabaya menawarkan berbagai macam koleksi batik dan motif-motifnya yang sangat khas dari tiap daerah. Selain bisa melihat-lihat dan belanja kain batik dan produk hasil batik lainnya, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya dan juga ikut workshop pembuatan batik. Tempat yang satu ini cocok untuk milenial yang ingin pamer foto di Instagram dan mengaku-ngaku peduli budaya Indonesia.
  • Instagram: @batikputatsurabaya
  • Alamat: Jl. Putat Jaya Barat VIII B No.31, Putat Jaya, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60255. Buka di Google Maps.

10. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak Walaupun merupakan sebuah pelabuhan yang masih menjalankan fungsinya, tapi tempat ini cukup unik karena kamu bisa mendapatkan pemandangan dan suasana pelabuhan yang jarang kamu temui di kehidupan sehari-hari. Jelas, tempat ini kurang cocok untuk keluarga, apalagi yang punya anak kecil. Tapi, untuk anak muda, tempat ini cocok untuk foto-foto Instagram. Untuk yang hobi fotografi, pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh juga bisa dijadikan objek latihan fotografi pemandangan.

11. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo Nah kalau tempat yang satu ini masuk ke dalam wisata rohani sekaligus wisata arsitektur. Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid dengan desain bangunan yang mengadopsi gaya Mandarin dan juga Arab yang membuatnya begitu unik. Sekilas orang akan mengiranya sebagai klenteng atau vihara, namun ternyata bangunan merah hijau ini adalah sebuah masjid!

12. Museum TNI AL Loka Jala Crana

Museum TNI AL Loka Jala Crana Merupakan museum yang memiliki koleksi barang-barang serta berbagai pengetahuan tentang dunia angkatan laut Indonesia, Museum Loka Jala Crana atau juga dikenal sebagai Museum Angkatan Laut adalah tempat yang cocok untuk pelajar serta bocah kecil. Berbagai koleksi seperti meriam, senjata api, helikopter, pesawat, motor, dan bahkan tank ada di sini untuk kamu lihat. Untuk para military nerd/geek/enthusiast maka tempat ini adalah salah satu tujuan yang wajib dikunjungi.

13. Museum De Javasche Bank

Museum De Javasche Bank Karena Surabaya adalah kota yang besar, maka tidak heran kalau kota ini adalah saksi sejarah. Salah satu bukti kolonialisme yang masih ada adalah bangunan De Javasche Bank yang awalnya berfungsi sebagai salah satu bank sentral pemerintah Hindia-Belanda. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini dijadikan Bank Indonesia dan kemudian diubah menjadi museum setelah mengalami proses restorasi. Banyak peninggalan perbankan zaman dulu yang masih disimpan di museum ini. Jelas sekali tempat ini cocok untuk wisata edukasi, terutama untuk anak sekolah.

14. Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park Singkatnya, tempat ini adalah Dufan-nya Surabaya, walau tidak sebesar Dufan. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam wahana, mulai dari giant carousel, ferris wheel, cinema 4D, dan juga rumah hantu. Fasilitas pun lengkap, mulai dari rumah ibadah, penitipan barang, food court, dan banyaknya jajanan.

15. Keraton Surabaya

Keraton Surabaya Konon katanya, bangunan ini (atau sisa-sisanya) dulunya adalah Keraton Surabaya, namun semenjak dijajah Belanda, bangunan ini dihancurkan dan diganti menjadi bangunan lain. Karena masih misterius kejelasannya, justru ada saja wisatawan yang tertarik datang ke sini dan ingin melihat langsung karena penasaran. Lantas, benarkah kalau bangunan ini dulunya adalah tempat Keraton Surabaya? Tidak ada yang tahu, semuanya hanya 'katanya' saja.

16. Kelenteng Sanggar Agung Kenjeran

Kelenteng Sanggar Agung Kenjeran Kelenteng ini merupakan tempat ibadah bagi umat Tridharma yang sudah ada sebelum jaman penjajahan. Keindahan arsitektur kelenteng ini makin terlihat karena berlokasi di pinggir pantai dan dikelilingi tanaman mangrove. Salah satu yang cukup terkenal di kelenteng ini adalah patung naga-nya yang cukup besar dan beberapa patung lainnya.

17. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu Merupakan jembatan yang dicanangkan di era Presiden Megawati, jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Juga merupakan jembatan terpanjang Indonesia, tak heran kalau jembatan ini justru jadi tempat wisata (atau setidaknya jadi landmark) karena keunikannya. Penggemar dunia engineering pasti takjub dengan kemegahan dan kekompleksan jembatan yang super panjang dan besar ini.

18. Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember Sama seperti kota-kota besar lainnya, Surabaya juga punya banyak museum yang menyimpan hal-hal bersejarah. Salah satunya adalah Museum Sepuluh Nopember yang mempunyai koleksi seperti bambu runcing, pakaian perang, senjata api, mesin tik, dan uang kuno. Wisatawan yang ke sini pun tidak hanya domestik namun juga mancanegara. Kalau kamu seorang history buff, maka datang ke sini adalah keputusan yang tepat.

19. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe Salah satu landmark yang juga menarik dikunjungi, terutama kalau kamu penggemar sejarah militer Indonesia, adalah Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen berupa patung ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang jasa para anggota TNI Angkatan Laut yang gugur saat pertempuran Surabaya. Dengan tinggi 60 meter, monumen ini memang terlihat gagah, apalagi lokasinya yang persis di pinggir laut yang membuat pemandangan sunset makin menawan dan menggugah hati.

20. Patung Suro dan Boyo

Patung Suro dan Boyo Yak, ini lah patung paling terkenal di Surabaya yang mungkin saking terkenalnya kamu akan membayangkan patung ini kalau memikirkan tentang Surabaya. Patung ini sendiri menggambarkan pertikaian antara Suro (ikan hiu) dan Boyo (buaya) di antara lamun (rumput laut). Dan karena patung ini adalah ikon kota Surabaya, tidak heran kalau banyak orang berfoto di sekitar patung serta berjualan makanan dengan harga yang tentunya sudah didongkrak.

21. Patung Brahma 4 Rupa

Patung Brahma 4 Rupa Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, di Surabaya juga terdapat Patung Brahma 4 Rupa loh. Sering disebut juga sebagai Patung Buddha 4 Rupa, patung ini memiliki 4 wajah dan 8 tangan. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, patung ini juga kerap dijadikan objek foto oleh para wisatawan.

22. House of Sampoerna

Indonesia adalah salah satu penghasil cigarrette atau rokok terbesar di dunia, bisa dilihat dari budaya merokok yang sangat kental di masyarakatnya. Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia adalah Sampoerna, dan House of Sampoerna adalah museum yang akan mengedukasi kamu terkait perkembangan industri rokok di Indonesia sejak dulu kala. Untuk kamu para perokok dan penggemar rokok, maka wisata ke sini terbilang unik karena kapan lagi coba ke museum yang isinya tentang rokok?
  • Instagram: House of Sampoerna
  • Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163. Buka di Google Maps.

23. Kampung Bulak

Kampung Bulak Nampaknya kampung dengan konsep warna-warni ada di mana-mana ya. Kalau sebelumnya ada di Malang, kali ini ada juga di Surabaya, tepatnya di dekat Pantai Kenjeran. Mayoritas rumah warga di kampung ini dicat warna-warni sehingga nampak unik apabila dijadikan objek foto, terutama menggunakan drone. Biaya masuknya pun murah karena memang tidak ada lagi yang ditawarkan kecuali pemandangan rumah warna-warni.

24. Atlantis Land Surabaya

Atlantis Land Surabaya Merupakan taman wisata air dengan luas mencapai 15 hektar, Atlantis Land Surabaya adalah tempat bermain air paling terkenal di Surabaya. Dengan tema istana bawah laut, kamu tidak hanya akan menemukan kolam renang dan perosotan saja, tapi juga berbagai macam wahana lain seperti ontang anting dan juga puter-puteran. Oh ya, kalau kamu ke sini juga termasuk tiket ke Kenpark loh.

25. Taman Hiburan Rakyat

Taman Hiburan Rakyat Merupakan sebuah amusement park, Taman Hiburan Rakyat, sesuai namanya, memang berfungsi untuk menghibur rakyat. Tempat ini juga sangat bersejarah dan juga selalu ramai akan pengunjung tiap akhir minggu. Terdapat juga berbagai wahana sederhana seperti mini roller coaster, alap-alap, patung cantik, dan pertunjukan drama. Melihat tampilannya, saya percaya kalau taman ini memang untuk menghibur rakyat.
Ya itu lah tadi beberapa tempat wisata di Surabaya ya. Walaupun bukan kota wisata, tapi kamu tetap bisa berwisata di sini. Nantikan beberapa artikel lainnya di blog ini.
Kembali ke Beranda