25 Tempat Wisata Di Lampung Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Lampung Terpopuler

Lampung merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang paling selatan dan berdekatan dengan Pulau Jawa. Ketika orang dari Jawa ingin menyeberang ke Sumatera menggunakan kapal ferry, maka Lampung lah yang menyambut mereka sehingga provinsi ini cukup ramai oleh para pendatang. Dan sebagaimana tempat ramai lainnya, pasti banyak tempat wisata di Lampung, terutama wisata alam karena alamnya masih indah.

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas Merupakan salah satu taman nasional yang paling terkenal di Indonesia, Way Kambas menjadi rumah bagi gajah sumatera. Selain menjadi habitat alami, tempat ini juga merupakan tempat pelatihan, perlindungan, dan konservasi para gajah tersebut. Pengunjung bisa belajar dan berinteraksi dengan gajah-gajah sumatera dengan membayar biaya masuk. Oh iya, banyak peneliti baik lokal maupun internasional yang meneliti satwa-satwa langka di sini.

2. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Merupakan tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda beberapa tahun ke belakang, Pulau Pahawang menawarkan wisata pulau dan pantai yang cukup seru. Kamu bisa mengikuti tur/paket yang disediakan pengelola, dan biasanya paketnya terdiri dari tempat menginap (rumah warga biasanya), snorkeling, makan pagi+siang+malam, naik perahu, serta mengunjungi beberapa pantai dan spot foto. Secara keseluruhan, Pulau Pahawang sangat berkesan dan cocok untuk sekumpulan anak muda.
  • Instagram: @pulau.pahawang
  • Alamat: Jl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35351. Buka di Google Maps.

3. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu Kalau biasanya sebuah pantai terkenal karena pasirnya yang bersih dan airnya yang jernih, pantai yang satu ini justru kebalikannya. Pantai Gigi Hiu bukanlah pantai yang didatangi orang untuk bermain air dan basah-basahan, melainkan untuk menikmati pemandangannya yang unik. Ada banyak batu karang yang sekilas bentuknya seperti taring atau gigi ikan hiu (katanya sih) yang cocok untuk dijadikan background foto Instagram kamu.

4. Pantai Klara

Pantai Klara Nama Pantai Klara merupakan akronim dari Kelapa Rapat, dikarenakan banyak pohon kelapa di pantai tersebut. Pantai ini cukup standar, yaitu pantai yang menawarkan air yang tenang dan bisa dipakai untuk main air serta berjemur. Terdapat penyewaan gazebo, kano dan juga perahu yang harganya tentu tidak mahal karena ini bukan pantai premium khusus turis asing.

5. Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata Walau berdekatan dengan pantai-pantai terkenal lainnya, Pantai Duta Wisata tidaklah terlalu ramai. Di sini kamu bisa berenang, memancing, atau menaiki banana boat, jetski, dan kano. Tapi karena masih sepi, jangan harap fasilitas atau jajanannya lengkap dan ramai ya.

6. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan Nama pantai ini berawal dari profesi sang pengelola yang merupakan warga lokal, yaitu wartawan. Dengan pemandangan Gunung Anak Krakatau, tentu daya tarik pantai ini adalah pemandangannya. Dan yang membuat unik lagi adalah ada sumber air panas di dekat pantai ini yang suhunya bisa mencapai 80 derajat celcius.

7. Puncak Mas

Puncak Mas Nah yang ini merupakan tempat wisata khas yang suka ada di daerah pinggir kota yang berbukit. Puncak Mas adalah tempat di mana kamu bisa melihat pemandangan Kota Bandar Lampung dari tempat yang sangat tinggi. Tempat ini merupakan spot foto yang sangat populer di kalangan muda-mudi Lampung dalam rangka mencari bahan untuk di-post ke Instagram. Ada beberapa hiburan, mulai dari sepeda gantung, arena bermain anak, serta kafe dan musholla.

8. Pantai Pasir Putih Lampung

Pantai Pasir Putih Lampung Nampaknya di berbagai macam daerah ada satu pantai yang dinamakan Pasir Putih karena ya...pasirnya putih... Walau agak kurang kreatif dalam menamakan pantainya, namun namanya jelas menggambarkan kondisi pantainya secara gamblang. Di pantai ini kamu bisa berenang, snorkeling, surfing, dan naik kano. Oh iya, pantai ini jelas sangat cocok untuk foto-foto karena...pasirnya putih hehehe.

9. Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis Pantai ini juga unik seperti Pantai Gigi Hiu, karena terdapat formasi batu karang yang terlihat seperti berlapis-lapis, makanya disebut sebagai Batu Lapis. Dan sama seperti beberapa pantai di Lampung lainnya, yang satu ini termasuk sebagai hidden gem alias masih belum ramai. Kalau kamu tipe orang yang suka berfoto dengan latar belakang hal-hal unik yang alami, maka tempat ini sangat cocok.
  • Instagram: Puncak Batu Lapis
  • Alamat: Jl. Tj. Heran - Penengahan No.4, Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35552. Buka di Google Maps.

10. Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga Danau ini merupakan destinasi wisata alam sekaligus wisata religi karena terdapat pura Hindu yang terlihat seakan mengapung di atas air. Namun pura yang ada di sini tidak bebas untuk dimasuki pengunjung karena bukan tempat wisata, berbeda dengan yang ada di tempat lain, seperti Bali misalnya. Alasan terdapat pura di sini karena banyak umat Hindu keturunan Bali yang menetap di sekitar danau.

11. Air Terjun Curug Tujuh

Air Terjun Curug Tujuh Merupakan air terjun dengan undakan mencapai tujuh buah dan ketinggian sekitar 75 meter. Berada di kawasan hutan lindung, untuk mencapai air terjun ini butuh perjuangan karena jalan menuju ke sini cukup terjal dan ekstrim. Dan yang penting, air terjun ini sangat indah dengan pancuran air yang lumayan deras. Oh ya, datang ke sini tidak dipungut biaya loh.
  • Instagram: Curug Tujuh
  • Alamat: WP5F+3WW, Marga Jaya, Selagai Lingga, Central Lampung Regency, Lampung 34176. Buka di Google Maps.

12. Pemandian Air Panas Way Belerang

Pemandian Air Panas Way Belerang Way Belerang merupakan pemandian air panas yang airnya bersumber dari bawah kolam dan Gunung Rajabasa. Terdapat dua kolam utama di pemandian ini, yaitu kolam pertama dengan kedalaman 100 cm dan suhu 60 derajat celcius yang airnya dari Gunung Rajabasa, dan kolam kedua yang dalamnya 150 cm yang sumber airnya dari bawah kolam. Tidak hanya kolam air panas, terdapat fasilitas lain seperti gazebo, musholla, flying fox, tempat bermain anak, meeting room, dan lain sebagainya.

13. Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal Keunikan pantai ini adalah keindahan yang menawan dengan batu-batu karang yang mirip dengan kapal karam di sisi pantai. Pengunjung pun banyak yang berkemah di pinggir pantai dengan mendirikan tenda-tenda kecil. Kalau kamu suka ayunan di pinggir pantai sembari menikmati sunset juga bisa kok, asal tahu diri karena banyak yang mau ayunan juga buat foto IG.

14. Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan Kalau kamu suka lihat ada lumba-lumba di Lampung, kemungkinan besar lokasinya ada di sini. Teluk Kiluan adalah habitat bagi lumba-lumba hidung botol dan juga lumba-lumba sniper (hati-hati ditembak). Kamu bisa menyewa perahu dan melihat langsung lumba-lumba berenang dan lompat-lompat kegirangan melihat kamu (apalagi kalau bawa makanan).
  • Instagram: @kiluan.trip
  • Alamat: Jl. Tlk. Kiluan, Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35379. Buka di Google Maps.

15. Pantai Canti Kalianda

Pantai Canti Kalianda Pantai Canti memiliki air yang jernih, angin yang sepoi-sepoi, serta pemandangan yang indah seperti pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kegiatan-kegiatan standar pantai seperti berenang, voli pantai, snorkeling, dan main layang-layang bisa dilakukan di pantai ini. Fasilitasnya masih kurang namun sudah ada warung makan dan gazebo dan kamar mandi.

16. Pantai Tanjung Setia Krui

Pantai Tanjung Setia Krui Kalau kamu pecinta olahraga surfing, nah ini dia pantai yang sangat terkenal akan spot surfingnya. Dengan ombak yang konsisten mencapai 10 meter terus menerus, tidak diragukan lagi pantai ini sangat cocok untuk dijajal menggunakan papan surfingmu. Dan kalau kamu tidak punya papan surfing, tenang saja, karena banyak yang menyewakan papan surfing. Oh ya, kamu juga bisa menginap di cottage yang disediakan loh.

17. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam Air terjun ini memiliki pemandangan panorama alam yang dipenuhi pohon-pohon dan batu-batu besar. Dengan ketinggian air terjun mencapai 40 meter, hembusan air lumayan deras dan sangat segar apabila bersentuhan dengan kulit. Untuk para fotografer, air terjun ini benar-benar photogenic dan sayang apabila dilewatkan untuk dijadikan objek foto.

18. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Tidak kalah dari Taman Nasional Way Kambas, kamu juga bisa melihat gajah sumatera, badak sumatera, dan harimau sumatera di cagar alam yang satu ini. Pintu masuk taman nasional ini pun ada beberapa, yaitu Suoh, Kubu Perahu, dan Kramar Manula. Nampaknya Lampung memang tempat yang dipenuhi banyak cagar alam ya.

19. Kawah Suoh

Kawah Suoh Merupakan kaldera gunung berapi yang mirip dengan taman nasional Yellowstone di Amerika, Kawah Suoh adalah wisata alam yang sangat unik. Di dekat kawah ini, terdapat beberapa danau, seperti Danau Suoh, Danau Minyak, dan Danau Lebar. Terdapat juga pasir kuning dan sabana yang penuh ilalang, serta Keramikan, yaitu tempat yang dipenuhi endapan sulfur setebal 20 cm yang tentunya sangat unik.
  • Instagram: Danau Suoh
  • Alamat: Q775+4P3, Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34872, Lampung. Buka di Google Maps.

20. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau Di sini, kamu bisa trekking atau pun menyelam karena perairan di sekitarnya sangat subur dan kaya akan flora dan fauna. Di sekitarnya juga banyak pulau-pulau kecil yang masih tak terjamah dan tak berpenghuni yang bisa dijelajah. Berlokasi di Selat Sunda, pendakian dibuka dari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 3 sore setiap hari.

21. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil Kalau kamu suka wahana atau olahraga air, maka Pulau Tangkil adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. Di sini kamu bisa naik banana boat, jetski, atau snorkeling di perairan di sekitar Pulau Tangkil. Akses ke pulau ini cukup tergolong mudah dan terdapat penginapan juga di sini apabila kamu ingin menikmati keindahan pulau ini selama beberapa hari.
  • Instagram: Pulau Tangkil
  • Alamat: Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Buka di Google Maps.

22. Menara Siger

Menara Siger Tempat wisata selanjutnya adalah ikon Provinsi Lampung, yaitu Menara Siger Lampung. Bangunan berwarna kuning emas dan merah ini menghadap langsung ke arah Pelabuhan Bakauheni. Berada di sebuah bukit, bangunan ini menjadi titik nol kilometer bagian selatan Sumatera dan biasa dijadikan spot untuk menikmati sunrise dan juga sunset.

23. Pulau Kubur

Pulau Kubur Walau namanya sekilas agak mengerikan dan menyeramkan, namun nyatanya pemandangan yang ditawarkan pulau ini sangatlah indah. Dan karena tempat ini (dan banyak tempat lainnya di Lampung) masih sepi dan belum terjamah oleh banyak orang, pengunjung disarankan membawa kantong plastik untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan. Oh ya, katanya pulau ini cocok untuk kalian yang doyan memancing loh.

24. Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa Pantai ini mengusung konsep romantisme karena banyak spot foto yang didesain untuk pasangan yang sedang berlibur. Terdapat Dermaga Asmara yang dilatar belakangi hutang mangrove atau Dermaga Cinta yang berbentuk hati. Sejauh ini Pantai Dewi Mandapa adalah salah satu pantai yang dikelola dengan cukup profesional.

25. Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu Pulau ini katanya sedang naik daun belakangan ini, karena digadang sebagai Tanah Lot-nya Lampung. Bagaimana tidak, terdapat pulau di pinggir pantai yang bisa diakses dengan berjalan di atas pasir timbul yang mengarah langsung ke pulau. Hal ini membuat seakan alam ingin kita menjelajah pulau tersebut ketika air sedang surut.
Nah itu lah beberapa tempat wisata di Lampung yang didominasi oleh wisata alam, terutama wisata pantai dan cagar alam. Untuk artikel-artikel tempat wisata lainnya, pantengin aja blog ini terus ya.
Kembali ke Beranda