10 Tempat Wisata Di Garut Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

10 Tempat Wisata Di Garut Terpopuler

Garut, sebuah kota yang apabila disebut maka akan membuat orang teringat akan beberapa hal, seperti domba, jaket kulit, atau dodol. Tapi siapa sangka, ternyata Garut menyimpan banyak hidden gem dalam bentuk tempat wisata alam. Apa saja tempat wisata di Garut yang dijamin bisa membuat kamu kaget? Yuk kita simak.

1. Talaga Bodas

Talaga Bodas Bayangkan berendam dan bermain air di sebuah kawah gunung yang masih memiliki aktivitas vulkanik, ngeri ya? Tapi itu lah Talaga Bodas, sebuah kawah berisi air panas yang berada di Gunung Telaga Bodas. Pemandangannya juga sangat menakjubkan, serasa berada di dunia lain.

2. Leuwi Korsi

Leuwi Korsi Dinamakan Leuwi Korsi karena terdapat jejeran batu-batu natural yang bentuknya seperti deretan kursi, tempat ini menawarkan air yang jernih dan lanskap yang sangat unik. Kalau kamu suka main air dengan udara yang sejuk serta berfoto-foto pansos, tempat ini sangat cocok untuk kamu. Tapi, kalau kamu ingin ke sini, siap-siap berjalan kaki cukup jauh dengan track yang cukup terjal, karena aksesnya tidak mudah.
  • Instagram: Leuwi Korsi
  • Alamat: GJG6+8W8, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Buka di Google Maps.

3. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig Walau namanya sekelas terdengar mengerikan, tenang saja, Leuwi Jurig justru sangat indah dan akan membuat kamu serasa berada di surga. Dengan air yang jernih seperti kristal, kamu harus berusaha sedikit apabila ingin ke tempat ini karena lokasinya sedikit tersembunyi. Kalau kamu ingin berburu foto-foto sambil berendam ataupun berpose di tebing-tebing yang ada, sebaiknya datang ketika pagi agar cahayanya lebih bagus.
  • Instagram: Leuwi Jurig
  • Alamat: Unnamed Road, Cihikeu, Bungbulang, Garut Regency, West Java 44165. Buka di Google Maps.

4. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong Kalau kamu ke sini, pasti teringat dengan tempat Kong si gorila raksasa makan gurita raksasa di film Kong: Skull Island. Ya, lanskap tempat ini memang sangat mirip dengan yang ada di film tersebut, membuat efek magis dan otherworldly tempat ini makin kerasa. Tebing yang mengapit leuwi atau sungai ini juga mengingatkan kita pada film-film seperti Jurassic Park loh.

5. Pusat Konservasi Elang Kamojang

Pusat Konservasi Elang Kamojang Tempat yang satu ini bisa dibilang sangat unik karena terbilang jarang di Indonesia. Di sini kamu bisa melihat dan mempelajari banyak hal seputar burung elang, tentunya aman karena burung elangnya terdapat di kandang raksasa dan kamu juga akan ditemani petugas. Tempat ini belum terlalu terkenal sehingga pantas mendapat title hidden gem!

6. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk Mau lihat pantai dengan padang pasir? Maka Pantai Cijeruk adalah jawabannya! Air di beberapa tempat juga relatif tenang dan cocok untuk tiduran di atas kasur anging (atau apalah saya gak tau namanya) atau sembari bersantai di atas ban. Karena tempat ini juga belum terkenal, maka jangan heran kalau kamu ke sini tempatnya masih sepi ya!

7. Curug Nyogong

Curug Nyogong Curug yang satu ini bukan tempat untuk bermain air karena debit airnya yang sangat deras. Tapi perjalanan selama 30 menit trekking akan terbayar dengan pemandangan curug yang masih sangat alami. Kalau kamu tetap ingin bermain air dan berendam, pastikan ekstra waspada ya, karena selain aliran airnya deras, batu-batu di situ juga lumayan licin.
  • Instagram: Curug Nyogong
  • Alamat: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173. Buka di Google Maps.

8. Curug Cibadak

Curug Cibadak Kalau kamu mau melihat air terjun atau curug yang masih sangat natural dan dengan debit air yang sangat deras serta ukuran yang masif seperti di foto-foto di Google, maka Curug Cibadak adalah jawabannya. Dibutuhkan usaha yang tidak mudah untuk mencapai tempat ini, yaitu trekking melewati hutan dan perkebunan dulu. Dan jangan lupa, karena tempat ini masih alami, maka jangan harap ada fasilitas umum ya!

9. Batu Tumpang

Batu Tumpang Kalau kamu adalah penggemar wall climbing atau rock climbing, maka Batu Tumpang perlu masuk ke dalam list tempat wisata yang perlu kamu kunjungi. Dengan ketinggia mencapai 150 meter, tentu bagi para penikmat adrenalin akan merasa tertantang untuk menaklukkan tebing yang berada di pinggir jalan ini. Ketika kamu mencapai puncaknya, maka kamu akan dihadiahi pemandangan perkebunan teh dan pohon-pohon pinus di kejauhan.

10. Puncak Guha

Puncak Guha Kalau kamu pernah menonton suatu adegan di film Hollywood di mana latarnya adalah sebuah tebing tinggi di pinggir laut yang selalu dihantam ombak, nah ternyata Garut punya tempat seperti itu. Puncak Guha adalah tempat yang sangat menakjubkan dari segi pemandangan dan juga lanskap. Dinamakan Puncak Guha karena terdapat gua kelelawar di bagian bawahnya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Kamu tetap harus berusaha untuk ke tempat ini, sama seperti banyak lokasi di Garut lainnya yang memang statusnya masih hidden gem.
Nah itu dia tadi beberapa tempat wisata di Garut yang mostly didominasi wisata alam, terutama wisata air alami. Garut memang bukan kota yang besar, namun saya yakin potensi tempat wisatanya sangat besar dan bisa jadi sangat besar apabila dikelola dengan kompeten.
Kembali ke Beranda