25 Tempat Wisata Di Palembang Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Palembang Terpopuler

Palembang, merupakan ibukota Sumatera Selatan yang terkenal akan makanan khasnya, yaitu pempek. Tapi, Palembang bukan cuma sekadar pempek aja loh guys, tetapi ada banyak tempat wisata yang pastinya masih jarang dijajal orang dari daerah lain. Apa saja sih tempat wisata di Palembang? Mari kita cek satu-satu.

1. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Benteng ini merupakan tempat wisata bersejarah yang berada di tepian Sungai Musi. Dibangun pada tahun 1780, kini benteng tersebut diubah oleh pemerintah Palembang menjadi tempat wisata dengan membuat alun-alun di halaman depan benteng serta menyediakan lapak untuk para pedagang makanan serta penyewaan perahu untuk menyusuri Sungai Musi. Kamu bisa mencapai benteng ini dengan hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Palembang.
  • Instagram: Benteng Kuto Besak
  • Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113. Buka di Google Maps.

2. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Merupakan masjid dengan desain arsitektur khas Palembang, Tionghoa, dan Arab, Masjid Cheng Hoo merupakan salah satu tempat wisata religi paling terkenal di Palembang. Mempunyai nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya, tempat ini menjadi simbol multikulturalisme di Palembang. Berjarak sekitar 8 km dari pusat kota, kamu bisa mengunjungi masjid ini hanya dalam waktu sekitar 20-30 menit saja.

3. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu Merupakan kawasan wisata berupa hutan kota yang berada di tengah kota, Taman Wisata Alam Punti Kayu sering dijadikan tempat melepas penat oleh warga Palembang di akhir pekan. Dan seperti banyak tempat wisata di Indonesia lainnya, ada banyak replika hal-hal menarik di dunia di tempat ini. Apa fungsinya? Tentu saja untuk dijadikan spot foto-foto yang nantinya akan diupload ke Instagram.
  • Instagram: @puntikayu
  • Alamat: Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961. Buka di Google Maps.

4. Museum Balaputera Dewa

Museum Balaputera Dewa Kalau kamu melihat gambar bangunan di uang pecahan 10 ribu yang berwarna ungu, maka kamu akan menemukan museum yang satu ini. Merupakan tempat penyimpanan koleksi dari zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, hingga zaman kolonialisme Belanda. Ada juga arca-arca yang berasal dari era megalitikum di Sumatera Selatan. Pokoknya kalau kamu pecinta sejarah dan arkeologi, musum ini merupakan tempat yang tepat.
  • Instagram: Museum Balaputera Dewa
  • Alamat: Sukaramai, Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139. Buka di Google Maps.

5. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berlokasi di tepian Sungai Musi, tempat ini menyimpan berbagai artefak yang dilengkapi informasi guna mengedukasi pengunjung. Di tempat ini juga terdapat pulau buatan, taman rumput, dan replika kapal Laksamana Cheng Ho yang sering dijadikan tempat berfoto. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi kanal-kanal kuno yang masih bertahan sampai sekarang.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Masjid ini merupakan masjid terbesar di Palembang yang merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Dibangun pada tahun 1748, masjid ini memiliki gaya arsitektur dengan perpaduan Palembang, Tionghoa, dan Eropa. Kalau kamu ingin berwisata religi, pastikan masjid ini ada di dalam daftar tempat wisata kamu ya.

7. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro Merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Sungai Musi, pulau ini konon katanya terbentuk secara alami dari pengendapan tanah dan lumpur yang berada di Sungai Musi. Dan yang uniknya, di pulau ini terdapat pagoda bertingkat 9, Klenteng Hok Tjing Rio, dan makam penunggu pulau. Pulau yang dihuni oleh ratusan orang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari banyak tempat karena keunikannya. Jangan sampai kamu melewatkan pulau ini kalau sedang berada di Palembang.
  • Instagram: Pulau Kemaro
  • Alamat: 1 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Buka di Google Maps.

8. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera Tempat yang satu ini merupakan ikon kebanggaan Kota Palembang, serta dianggap menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila ke Palembang. Jembatan yang pernah mempunyai gelar sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini memiliki panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter. Pada tahun 2018, jembatan ini mengalami modernisasi dalam rangka pelaksanaan Asian Games.

9. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Dengan desain bangunan seperti rumah Limas khas Palembang, museum ini punya jarak yang dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat. Kalau kamu pecinta budaya dan sejarah, maka tempat ini akan menjadi playground kamu selama di Palembang. Ada koleksi tekstil, senjata, kerajinan, serta koin-koin kuno yang dipajang di museum ini.

10. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk Merupakan salah satu tempat wisata baru, tempat ini disulap oleh pemerintah Palembang untuk menyambut Asian Games 2018. Jalanan dan tembok-temboknya dicat warna-warni, serta Sungai Sekanak-nya sendiri direvitalisasi dan dibersihkan. Bisa dibilang, suasana di tempat ini akan jarang kamu temukan di daerah lain di Indonesia.
  • Instagram: Sekanak Sidewalk
  • Alamat: 2Q54+9CW, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113. Buka di Google Maps.

11. Air Terjun Curup Maung Lahat

Air Terjun Curup Maung Lahat Dengan ketinggian pancuran mencapai 80 meter, banyak wisatawan yang takjub akan keindahan air terjun yang satu ini. Hal yang membuat air terjun ini unik adalah aliran air yang terbagi-bagi oleh dinding jurang serta banyaknya vegetasi dan rumput hijau di dinding air terjun. Datang ke Air Terjun Curup Maung Lahat serasa datang ke sebuah dunia fantasi ala film Avatar biru-biru.

12. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah Salah satu air terjun yang juga sering didatangi wisatawan selama di Palembang, Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian pancuran mencapai 40 meter. Dan jangan khawatir, infrastruktur di tempat ini juga sudah lumayan, terdapat tangga agar akses lebih mudah serta banyak warung yang menyediakan popmie dan indomie serta makanan-makanan standar tempat wisata lainnya. Overall, air terjun ini cukup menyenangkan untuk dikunjungi selama visit kamu di Palembang.

13. Air Terjun Curup Buluh Lahat

Air Terjun Curup Buluh Lahat Mirip seperti air terjun lainnya di Lahat, seperti Air Terjun Curup Maung Lahat, air terjun yang satu ini juga bertingkat dan pancuran airnya terpecah-pecah oleh dinding tebing. Dan kalau kamu berani dan siap dengan resikonya, kamu bahkan bisa memanjat beberapa undakan air terjun untuk mendapat foto yang lebih epic lagi. Spot wisata yang satu ini sangat cocok untuk muda-mudi yang masih berenergi dan mempunyai jiwa petualang.

14. Danau Ranau

Danau Ranau Merupakan danau kedua terbesar di Sumatera setelah Danau Toba, danau ini terletak cukup jauh dari Palembang, yakni sekitar 7 jam menggunakan mobil. Karena cukup jauh, maka pastikan bahwa kamu punya beberapa tempat wisata yang searah sehingga perjalanan tidak begitu membosankan. Tapi...pemandangan di danau ini tentu sangat menggugah jiwa, karena kalau tidak maka tidak mungkin tempat ini jadi tempat wisata.
  • Instagram: Danau Ranau
  • Alamat: 5XH9+WVF, Surabaya Tim., Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Buka di Google Maps.

15. Rumah Rakit Sungai Musi

Rumah Rakit Sungai Musi Rumah rakit merupakan salah satu keunikan yang ada di Palembang, tepatnya di Sungai Musi. Konon katanya rumah-rumah yang mengapung menggunakan rakit ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Overall, wisata yang satu ini masuk kategori sightseeing karena fokusnya adalah menikmati pemandangan rumah-rumah tersebut.

16. Taman Kambang Iwak Besak

Taman Kambang Iwak Besak Awalnya, taman seluas 5 ha ini dibangun untuk para orang Belanda yang ingin berolahraga. Dilengkapi dengan danau yang berfungsi untuk menampung air hujan, taman ini ternyata juga dilengkapi beberapa fasilitas lainnya. Terdapat taman bermain untuk anak-anak, tap water yang airnya bisa langsung kamu minum, serta hotspot gratis untuk berinternetan.

17. Palembang Bird Park

Palembang Bird Park Di dunia yang modern ini, kapan terakhir kali kamu berinteraksi secara langsung dengan binatang? Tidak usah dijawab, karena saya juga tidak peduli dengan jawaban kamu. Saya hanya ingin memberi tahu kalau di Palembang ada bird park yang cocok untuk dikunjungi keluarga yang memiliki anak kecil. Di sini kamu akan masuk ke aviary dan bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung yang ada.
  • Instagram: @palembangbirdpark
  • Alamat: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257. Buka di Google Maps.

18. Amanzi Waterpark

Amanzi Waterpark Kalau merasa kegerahan selama di Palembang, maka bermain air di water park adalah pilihan yang tepat. Amanzi Waterpark menawarkan banyak wahana yang biasa kamu temukan di waterpark-waterpark besar lainnya, seperti seluncuran sepanjang 90 meter, kolam arus sepanjang 500 meter, dan masih banyak lagi. Tak peduli apakah kamu anak muda, pasangan, atau keluarga kecil, tempat ini pastinya akan sangat menyenangkan.
  • Instagram: @amanziwaterpark
  • Alamat: Komp. CitraGrand City Copacabana Lifestyle Center Blok D No.38, Jl. Bypass Alang-Alang Lebar No.KM12, Talang Klp., Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30154. Buka di Google Maps.

19. OPI Water Fun

OPI Water Fun Masih satu area dengan OPI Mall, water park yang satu ini benar-benar sangat strategis dari segi lokasi. Bagaimana tidak, selesai berenang dan main air kamu bisa pindah ke mall dan menikmati wisata ala 'mall', yaitu window shopping dan makan di food court. Secara fasilitas, OPI Water Fun juga menyuguhkan wahana-wahana standar yang tentunya sangat mengasyikkan.
  • Instagram: @opiwaterfun
  • Alamat: Komplek OPI Mall, JL. Gubernur HA. Bastari Jakabaring, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan 30967. Buka di Google Maps.

20. Tangga 2001

Tangga 2001 Berlokasi di sekitar lereng Gunung Dempo, tangga di sini jumlahnya tidak benar-benar 2001, melainkan hanya ratusan saja :( Di sini kamu bisa mendaki anak tangga yang jumlahnya hanya ratusan saja, serta berfoto-foto karena pemandangannya yang sangat instagrammable. Overall, tempat ini sangat cocok untuk berolahraga dan juga hanya sekadar sightseeing.
  • Instagram: Tangga 2001
  • Alamat: X56R+V4M, Gn. Dempo, Pagar Alam Sel., Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31581. Buka di Google Maps.

21. Bayt Al-Quran Raksasa Palembang

Bayt Al-Quran Raksasa Palembang Merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling wajib dikunjungi selama di Palembang, Bayt Al-Quran mempunyai arti Rumah Al-Quran karena bayt berarti rumah dalam bahasa Arab. Terletak di Pondok Pesantren Al-Ihsaniyah Gandus, kamu bisa mengunjungi tempat ini karena memang terbuka untuk umum. Tapi datang ke sini harus mematuhi peraturannya, yaitu harus menutup aurat dan melepas alas kaki.

22. Goa Putri Padang Bindu Baturaja

Goa Putri Padang Bindu Baturaja Goa yang konon katanya telah berumur sekitar 350 tahun dan mempunyai panjang 150 meter ini patut dijajal apabila kamu mempunyai jiwa petualang dan tidak takut gelap. Di dalamnya juga kamu bisa menemukan sebuah batu yang diberi nama Batu Putri  yang (lagi-lagi) konon merupakan penjelmaan Putri Balian yang dikutuk oleh Si Pahit Lidah. Kalau kamu berfoto-foto di sini, dijamin tidak banyak yang bisa punya foto seperti kamu.

23. Gunung Dempo

Gunung Dempo Nah, kalau yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang doyan trekking ataupun mendaki gunung. Gunung Dempo merupakan gunung dengan ketinggian kurang lebih 3159 mdpl yang memilik kebun teh berhektar-hektar. Satu hal yang membuat gunung ini unik adalah adanya kawah di bagian puncak gunung yang warnanya suka terlihat berubah-ubah tergantung cuaca.

24. Klenteng Chandra Nadi

Klenteng Chandra Nadi Nampaknya Palembang tidak hanya memiliki masjid bersejarah, namun juga klenteng yang bersejarah. Klenteng Chandra Nadi atau juga sering disebut sebagai Klenteng Dewi Kwan Im dibangun pada tahun 1733 . Tidak hanya untuk tempat ibadah, kelenteng ini juga sering didatangi wisatawan untuk melihat langsung keindahan bangunannya.

25. Pulau Maspari

Pulau Maspari Walaupun berada jauh dari Palembang, tapi untuk kamu pecinta pantai dan juga pulau bisa memikirkan opsi untuk datang ke pulau kecil ini. Dinamakan Maspari karena bentuknya yang menyerupai ikan pari, tapi kamu tidak bisa melihat bentuk pulau ini via Google Maps karena saking kecilnya tidak bisa ditampilkan, kecuali kamu mengubah aturan tampilan menjadi Terrain, baru deh terlihat. Oh ya, pulau ini juga jadi tempat penyu bertelur loh.
Ya itu lah beberapa tempat wisata yang menurut saya cukup seru di Palembang. Pantengin aja blog Alterra ini kalau ingin artikel tentang tempat wisata di tempat lain.
Kembali ke Beranda