25 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

25 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Terpopuler

Walau tidak seterkenal Jogja dari segi pariwisata, ternyata di Jawa Tengah banyak hidden gem yang masih sepi dan belum terlalu komersil. Mulai dari pulau yang digadang secantik Maldives, gua yang bentuk bagian dalamnya unik, sampai candi-candi yang tentunya sangat mendunia. Apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang patut dikunjungi? Yuk mari kita lihat.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa Merupakan salah satu taman nasional paling terkenal di Indonesia (bahkan dunia), Karimunjawa menawarkan keindahan kehidupan bawah laut yang tak tertandingi. Saking indahnya, banyak orang menjadikan Karimunjawa sebagai standar wisata pantai dan laut apabila mereka berkunjung ke tempat lain. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di sini, seperti snorkeling, diving, berenang, memancing, sampai berinteraksi dengan ikan hiu secara langsung.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur Tidak lain tidak bukan, the one and only, Candi Borobudur, candi paling terkenal di dunia. Merupakan candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur tentunya punya reputasi yang cukup menggaung bagi turis mancanegara. Banyak umat Buddha yang menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi pilgrimage atau beribadah, dan tentunya kamu pun harus ke sini kalau ke Jawa Tengah.
  • Instagram: Candi Borobudur
  • Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Buka di Google Maps.

3. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran Berawal dari sebuah situs penggalian, Sangiran menjadi salah satu daya tarik wisata karena kini telah ada beberapa museum purbakala. Tempat ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia karena berkontribusi besar terhadap perkembangan ilmu arkeologi, geografi, paleoantropologi, dan biologi. Kalau kamu pecinta ilmu pengetahuan dan sejarah, tempat ini sangat wajib untuk dikunjungi, terutama ketika hari biasa agar bisa lebih fokus dalam menikmatinya.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa Pagi kamu para penggemar kereta api, adanya museum ini tentu bisa menghilangkan sebagian dahaga kamu akan pengetahuan tentang perkeretaapian, terutama di Indonesia. Dengan jumlah koleksi lokomotif mencapai 21 buah, Museum Kereta Api Ambarawa menawarkan sensasi kembali ke zaman dulu ketika kereta api masih tradisional. Tiket masuk ke sini pun tidak mahal, sehingga saya yakin kamu yang sobat miskin pun pasti mampu untuk membelinya.

5. Sungai Progo Rafting

Sungai Progo Rafting Nah, yang ini khusus untuk kamu-kamu yang pemberani dan suka dengan tantangan dan juga bahaya. Kamu akan rafting di Sungai Progo Atas yang panjangnya sekitar 12 kilometer, dan mungkin akan memakan waktu 2,5-3 jam. Untuk yang belum pernah rafting namun penasaran, lebih baik jabanin saja ketika kamu ada di Jawa Tengah, tepatnya di Magelang.

6. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat Didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, kini tempat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan budaya. Di sini kamu juga bisa menemukan koleksi barang-barang peninggalan keraton serta fragmen candi-candi di Jawa Tengah. Dengan harga tiket masuk yang sangat affordable, dan ditambah sedikit apabila kamu membawa kamera, tentu keraton ini sangat sayang apabila tidak dikunjungi.

7. Lawang Sewu

Lawang Sewu Dibangun pada tahun 1904 pada masa kolonialisme Belanda, awalnya Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api Belanda. Lawang Sewu mempunyai arti seribu pintu, namun jumlah pintu di sini tidak benar-benar seribu, melainkan hanya sekitar 429 buah saja. Dengan desain bangunan yang unik, kamu yang pecinta arsitektur harus datang ke sini setidaknya sekali seumur hidup.
  • Instagram: Lawang Sewu
  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Buka di Google Maps.

8. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah Untuk kamu penikmat wisata religi, Masjid Agung Jawa Tengah atau yang sering disingkat menjadi MAJT ini harus dikunjungi. Dibangun pada tahun 2001 dan selesai pembangunannya pada tahun 2006, masjid ini mempunyai desain arsitektur bergaya Islam, Romawi, dan Jawa. Di masjid ini juga terdapat restoran berputar di salah satu menara daan juga hotel yang tentunya menambah keunikan pada masjid ini.
  • Instagram: @majt_jateng
  • Alamat: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166. Buka di Google Maps.

9. Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci Pemandian air panas tidak hanya ada di Jawa Barat saja, namun ternyata di Kota Tegal juga ada. Dengan pemandangan yang indah dan air yang cukup panas (beneran panas, bukan hangat), kamu mungkin bisa merebus telur dengan merendamnya di kolam-kolam yang ada. Taman Wisata Air Panas Guci berjarak sekitar 40 kilometer dari Tegal, dan konon katanya air panas di sini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit (jangan dianggap serius ya).

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan Selain Borobudur, terdapat satu lagi candi yang juga sangat terkenal di Jawa Tengah, yaitu Candi Prambanan. Uniknya, saking luasnya area candi ini, sebagian berada di Jawa Tengah dan sebagian berada di Jogjakarta. Candi Prambanan juga terkenal dengan cerita legendanya, yaitu konflik antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Konon katanya candi keseribu di situ adalah sosok Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi candi oleh Bandung Bondowoso.
  • Instagram: Candi Prambanan
  • Alamat: Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Buka di Google Maps.

11. Obyek Mata Air Cokro

Obyek Mata Air Cokro Kalau kalian di Klaten, ada satu tempat wisata air yang patut dikunjungi, yaitu Obyek Mata Air Cokro atau sering disingkat menjadi OMAC. Entah kenapa orang Indonesia doyan sekali menyingkat-nyingkat ya, mungkin kebawa Belanda dulu. Anyway, sumber air tempat ini berasal dari mata air yang jernih, sehingga airnya sangat segar. Di sini juga terdapat perosotan dan juga beberapa mainan air lainnya.

12. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Masih di Klaten, tempat wisata yang satu ini benar-benar unik dan bisa bikin follower Instagram kamu naik (apalagi kalau kamu perempuan cantik). Merupakan sebuah kolam besar yang bagian dalamnya didesain seakan kamu berada di dasar laut, Umbul Ponggok juga menyediakan berbagai macam properti untuk kamu berfoto-foto di bawah air. Yang jelas, kamu harus bisa menyelam dan menahan nafas untuk bisa mendapatkan foto-foto yang bagus. Oh ya, jangan lupa bawa GoPro!
  • Instagram: Umbul Ponggok
  • Alamat: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Buka di Google Maps.

13. River Tubing Kali Pusur

River Tubing Kali Pusur Selain rafting, ada lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sungai atau kali yang arusnya tidak terlalu deras, yaitu seperti river tubing atau river boarding. Kamu akan memakai jaket pelampung, helm, dan dilengkapi ban dalam atau papan untuk menyusuri Kali Pusur. Tenang saja, kamu tidak akan sendiri karena akan ditemani instruktur yang tentunya sudah pengalaman.
  • Instagram: River Tubing Kali Pusur
  • Alamat: Jl.Cokro-Delanggu Jragan rt 002, RW.005, Wangen II, Wangen, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Buka di Google Maps.

14. Goa Petruk

Goa Petruk Nah, kalau kamu sedang berada di Kebumen, ada satu tempat wisata alam yang langka yang bisa kamu kunjungi. Goa Petruk merupakan goa yang berada di atas bukit kapur, sehingga untuk mengaksesnya kamu harus menaiki sejumlah anak tangga terlebih dahulu. Bagian dalamnya juga masih cukup alami karena belum terlalu dirombak oleh pengelola, serta terdapat sendang dan air terjun di bagian dalam gua. Overall, goa ini cukup indah dan unik dari segi interior, membuatnya pantas untuk dijadikan tempat wisata.
  • Instagram: Gua Petruk
  • Alamat: Jl. Goa Petruk, RT.04/RW.01, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473. Buka di Google Maps.

15. Pantai Nampu

Pantai Nampu Mungkin kalau kalian perhatikan, dari tadi belum ada wisata pantai sama sekali ya. Tapi tenang, Jawa Tengah juga punya pantai yang cantik kok, salah satunya adalah Pantai Nampu. Terletak di Wonogiri yang notabene masih relatif sepi penduduknya, pantai ini pun juga masih sepi sehingga tidak banyak sampah. Memiliki karakter pantai ala pantai selatan yang ombaknya besar, kamu harus berhati-hati karena terdapat banyak batuan karang di pantai ini.
  • Instagram: Pantai Nampu
  • Alamat: Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678. Buka di Google Maps.

16. Pulau Panjang

Pulau Panjang Merupakan pulau kecil eksotis yang berjarak 10 menit dari Pantai Kartini yang berlokasi di Jepara, Pulau Panjang pernah dijadikan tempat pelatihan hal-hal berbau alam. Berkemah di sini sangatlah menyenangkan dan tidak terlupakan, terutama karena pantainya yang putih dan pepohonannya yang rimbun. Kalau kamu kuat, kamu juga bisa berenang dari pulau ini ke Pantai Kartini dengan durasi kira-kira 2-3 jam.
  • Instagram: Pantai Nampu
  • Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Buka di Google Maps.

17. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Eits, yang satu ini bukan Pantai Karang Bolong yang di Sukabumi ya, melainkan di Kebumen! Nampaknya julukan Karang Bolong cukup mainstream untuk pantai dengan karang yang...bolong :\ Keunikan pantai adalah adanya beberapa gua yang menjadi tempat burung walet bersarang, yang kemudian dipanen beberapa kali per tahun.

18. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden Mempunyai pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk, Lokawisata Baturraden (ingat, R-nya dua ya) juga menawarkan pemandangan Kota Purwokerto. Di sini juga terdapat pemandian air panas yang cukup terkenal, yaitu Pancuran Pitu. Tidak hanya itu, terdapat sebuah kebun binatang kecil yang tentunya mempunyai koleksi satwa yang 'unik'.
  • Instagram: Lokawisata Baturraden
  • Alamat: Lokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Buka di Google Maps.

19. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon Nampaknya hutan pinus sangat mudah ditemukan di Indonesia ya, karena Jawa Tengah pun (tepatnya dekat Salatiga) punya kawasan wisata Hutan Pinus Kayon. Kerap dijadikan area berkemah, tempat ini memang cocok untuk dijadikan perkemahan karena sumber air bersih bisa dengan mudah ditemukan di sini. Dari segi vibe, suasana hutan ini mirip-mirip dengan Gunung Pancar Bogor.
  • Instagram: Hutan Pinus Kayon
  • Alamat: 7°23'40.6"S 110°27'01, Jl. Banyu Urip No.7, Kupang Krajan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60253. Buka di Google Maps.

20. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng Merupakan sebuah danau yang mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, Telaga Warna Dieng bisa 'berubah' warna tergantung waktu dan cuaca. Dengan spot foto instagrammable yang berlokasi di bukit sekitar danau ini, tentunya jangan sampai tempat yang satu ini terlewatkan oleh kamu kalau sedang berada di Semarang atau Magelang. Sayangnya tidak disarankan untuk berenang di sini, tentunya karena alasan yang sudah jelas ya.

21. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu Gunung ini lokasinya masuk ke dalam empat kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang. Merbabu juga mempunyai dua puncak, yaitu Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan Puncak Syarif (3.119 mdpl). Dan...Merbabu juga mempunyai 5 kawah, yaitu Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo. Gunung ini cukup populer untuk dijadikan spot pendakian karena tingkat kesulitannya sedang dan pemandangannya indah.

22. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Merupakan gereja protestan tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1753, GPIB Immanuel Semarang atau yang lebih sering dikenal sebagai Gereja Blenduk ini mempunyai bentuk seperti Cathedral of Santa Maria del Fiore, Italia. Mempunyai nilai sejarah yang sangat mendalam, gereja ini kini sering dijadikan tempat wisata oleh banyak orang, terutama yang menyukai gedung-gedung dengan desain kuno. Overall, bagi kamu pecinta arsitektur, gereja ini patut masuk daftar tujuan destinasi wisata kamu.
  • Instagram: Gereja Blenduk
  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.32, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174. Buka di Google Maps.

23. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng Berjarak 30 km dari Kota Wonosobo, objek wisata di Jawa Tengah ini sering mendapat julukan "tempat persemayaman para dewa dewi". Di tempat ini, kamu bisa menemukan beberapa landmark, yaitu beberapa candi Hindu kuno, Bukit Sikunir Dieng, Telaga Warna Dieng, hingga Sumur Jalatunda. Oh ya, jangan lupa bawa jaket ya karena di sini sangat dingin.

24. Museum R.A. Kartini

Museum R.A. Kartini Untuk kamu yang mengaku sebagai feminis, tidak lengkap ke Jawa Tengah kalau belum bertandang ke museum yang satu ini. Museum ini mempunyai koleksi foto-foto R.A. Kartini serta beberapa barang peninggalannya. Ada juga tulang ikan raksasa yang dinamakan 'Joko Tuwo' yang katanya mempunyai panjang 16 meter.

25. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar Merupakan gua yang cukup terkenal di Jawa Tengah, terutama karena mitos-mitosnya yang dipercaya orang Indonesia. Goa ini bisa dibilang cukup besar dan dikelola dengan cukup baik, dengan banyaknya pencahayaan dan pengaman, membuat goa ini cukup populer di kalangan khalayak umum. Terdapat beberapa sendang yang konon katanya bisa membuat kamu awet muda serta mengabulkan keinginan. Tentu saja ini hanya gimmick pengelola yang dibungkus dengan legenda agar kamu mau datang ke tempat ini.
  • Instagram: Goa Jatijajar
  • Alamat: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473. Buka di Google Maps.

Ya itulah tadi beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi kalau kamu doyan dengan wisata alam, sejarah, dan petualangan. Nantikan artikel-artikel lainnya di blog Alterra ini.
Kembali ke Beranda