20 Tempat Wisata Di Jawa Timur Terpopuler

Author Avatar

Dimas Bimawan

20 Tempat Wisata Di Jawa Timur Terpopuler

Walau berdekatan dengan Bali, dan orang-orang lebih memili Bali, bukan berarti Jawa Timur tidak punya tempat wisata. Ternyata, Jawa Timur menyimpan banyak tempat wisata alam yang masih belum terlalu mainstream. Apa saja tempat wisata di Jawa Timur yang mesti kamu kunjungi? Cek di bawah.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo Merupakan salah satu spot yang paling sering dikunjungi mahasiswa dan anak muda pada umumnya, Gunung Bromo memang patut mendapatkan tempat paling atas di list ini. Akses yang mudah karena kamu bisa naik menggunakan jip yang disewakan (walau tetap harus mendaki sedikit lagi), atau bisa juga naik kuda yang disewakan oleh penduduk lokal. Intinya, akses ke puncak Bromo cukup mudah dan pemandangan sunrise yang ditawarkan tidak boleh terlewatkan.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen Merupakan salah satu tempat wisata alam paling terkenal di Jawa Timur, Kawah Ijen menawarkan pemandangan kawah yang sangat indah. Kalau kamu tipe yang suka berpetualang, maka Kawah Ijen adalah destinasi yang patut dikunjungi selama kamu berada di Jawa Timur. Daya tarik tempat ini tentunya adalah warna dari kawahnya sendiri serta fenomena api biru yang tak bisa kamu temukan di tempat lain.

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Lagi-lagi wisata alam yang tentunya masih belum terlalu mainstream, Taman Nasional Baluran pantas menjadi tujuan destinasi wisata kalau kamu lebih suka wisata alam dibanding wisata buatan. Ketika kamu berada di sini, yang kamu lihat bukanlah tropical jungle ala hutan-hutan di Indonesia pada umumnya, melainkan padang savanna ala Afrika. Kalau kamu ingin melihat penampakan wisata alam yang berbeda dibanding wisata alam lainnya, Taman Nasional Baluran adalah tempat yang tepat.
  • Instagram: @btn_baluran
  • Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Buka di Google Maps.

4. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu Seperti biasa, tidak lengkap artikel buatan saya kalau tidak ada wisata alam dengan unsur air. Air Terjun Tumpak Sewu mempunyai bentuk yang unik karena melebar seperti tirai alih-alih hanya satu pancuran saja. Tidak heran kalau beberapa orang menganggap kalau air terjun ini adalah Niagara-nya Indonesia.
  • Instagram: Air Terjun Tumpak Sewu
  • Alamat: kampung siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374. Buka di Google Maps.

5. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih Selain di Pulau Jawa, ternyata Madura juga menyimpan beberapa tempat wisata alam loh. Salah satunya adalah Bukit Jaddih, sebuah bekas tambang kapur yang meningkat popularitasnya karena pemandangannya yang unik. Kalau kamu minat untuk datang ke sini, pastikan kamu meluangkan waktu untuk mendatangi tempat-tempat wisata lainnya di Madura.
  • Instagram: Bukit Jaddih
  • Alamat: Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161. Buka di Google Maps.

6. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Dengan sumber aliran air berasal dari Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura adalah salah satu yang terindah di Jawa Timur. Ada beberapa legenda terkait air terjun, konon katanya air terjun ini adalah tempat Patih Majapahit, Gajahmada, bersemedi. Ada juga yang bilang air terjun ini adalah tempat Gajahmada menghabiskan hari-hari terakhirnya. Terlepas dari semua itu, air terjun ini mempunyai ketinggian pancuran paling tinggi di Pulau Jawa, yaitu 200 meter.

7. Gili Ketapang

Gili Ketapang Di Jawa Timur terdapat juga beberapa pulau-pulau kecil atau biasa disebut Gili, salah satunya adalah Gili Ketapang. Berjarak 4 jam dari Surabaya, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Gili Ketapang, seperti snorkeling atau berenang. Kalau kamu bosan dengan spot-spot snorkeling yang itu-itu aja, mungkin Gili Ketapang bisa dijadikan referensi baru.

8. Museum Sampoerna

Museum Sampoerna Untuk kamu para perokok (atau penggemar sejarah), saya rasa mengunjungi Museum Sampoerna adalah wajib. Museum yang gratis untuk dikunjungi ini adalah museum tembakau dan bisa menawarkan edukasi seputar kretek. Desain bangunan yang masih mengusung desain ala Belanda juga menjadi daya tarik, terutama untuk kamu yang suka foto-foto.
  • Instagram: Museum Sampoerna
  • Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163. Buka di Google Maps.

9. Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang Merupakan museum yang wajib dikunjungi apabila kamu penggemar dunia otomotif atau bahkan merasa nostalgia terhadap masa lalu (yang bahkan tidak pernah kamu rasakan). Di sini terdapat banyak jenis kendaraan dari berbagai macam era yang disusun secara apik dan aesthetic. Museum Angkut juga merupakan museum transportasi terbesar di Asia loh.
  • Instagram: @museumangkut
  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314. Buka di Google Maps.

10. Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit Berada di Blitar, pantai yang masih jarang terdengar ini sebenarnya merupakan salah satu yang terindah di Jawa Timur. Pantai ini tidak berkarang sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain air, namun hati-hati karena ombaknya cukup besar. Oh ya, arti dari Gondo Mayit adalah bau mayat. Hmm...cukup mengerikan ya?

11. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri Merupakan taman nasional yang menjadi habitat dan rumah bagi banyak hewa-hewan eksotis seperti kera ekor panjang, penyu, ajag (anjing hutan), dan landak. Selain hewan-hewan eksotis, terdapat juga banyak flora langka yang jarang ditemukan di tempat lain. Oh ya, pantai dan bukit di taman nasional ini juga masih sangat natural dan belum terjamah oleh turis umum loh.

12. Pantai Klayar

Pantai Klayar Jika kamu sedang berada di Pacitan dan ingin mengunjungi pantai, maka jadikan Pantai Klayar sebagai tujuanmu. Air di pantai ini termasuk jernih dan cukup aman kalau kamu ingin berenang. Terdapat juga karang besar di ujung pantai yang akan menghasilkan bebunyian unik apabila terhantam ombak.

13. Pulau Bawean

Pulau Bawean Merupakan sebuah pulau kecil yang berada di bagian utara Jawa Timur, Pulau Bawean cukup jauh sehingga masih sangat asri dan natural. Keunikan pulau ini adalah adanya danau di tengah pulau yang bernama Danau Kastoba. Oh ya, terdapat juga penangkaran rusa Bawean yang terkenal itu.

14. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Sekilas, pantai yang satu ini tidaklah terlihat sebagaimana pantai umumnya yang dipenuhi hamparan pasir. Justru, Pantai Banyu Tibo hanya mempunyai sedikit hamparan pasir yang ditumpahi air terjun kecil. Ketika air laut pasang, maka 'pantai' kecil ini akan tertutup oleh air laut dan ilusi pantai pun hilang.

15. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Ada beberapa hal yang membuat pulau ini menarik, salah satunya adalah keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Namun karena pulau ini berada di dekat Bali, maka orang-orang lebih memilih pergi ke Bali sekalian. Pulau yang sangat kecil ini jarang diketahui orang sehingga cocok untuk kamu yang tidak suka tempat ramai.
  • Instagram: Pulau Tabuhan
  • Alamat: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Buka di Google Maps.

16. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang Sama seperti Pantai Banyu Tibo, pantai yang satu ini agak sulit untuk diklasifikasikan sebagai pantai karena sedikitnya hamparan pasir. Alih-alih hamparan pasir, kamu akan menemukan kolam-kolam natural yang bisa dipakai untuk berenang atau berendam. Kalau kamu tidak masalah dengan hal ini, maka jadikan Pantai Kedung Tumpang sebagai destinasi wisata kamu kalau sedang berada di Tulungagung.
  • Instagram: Pantai Kedung Tumpang
  • Alamat: M2W6+M46, Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284. Buka di Google Maps.

17. Pantai Kletekan

Pantai Kletekan Merupakan pantai dengan air yang cukup dangkal dan tenang, kalian tidak perlu takut ombak akan menyapu kalian (tapi tetap harus hati-hati ya). Pantai yang masih sepi ini tentunya cocok untuk kalian yang menyukai ketenangan. Kalau kalian ingin ke sini, lebih disarankan untuk menaiki kendaraan roda dua karena akses kendaraan roda empat cukup sulit.

18. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1992 ini memiliki luas lebih dari 400 km persegi. Di sini terdapat banyak jenis tempat wisata alam, mulai dari pantai, hutan, hingga padang rumput atau savanna. Oh ya, pantai-pantai di Alas Purwo juga terkenal untuk surfing loh!

19. Jatim Park

Jatim Park Merupakan sekumpulan taman bermain besar yang sangat terkenal, Jatim Park menawarkan sensasi wisata theme park di Kota Batu. Untuk kamu yang menggemari berbagai macam wahana seperti yang ada di Dufan, mengunjungi Jatim Park 1 sampai 3 bisa dibilang agak wajib. Dan, sangat disarankan untuk datang ke sini ketika hari biasa apabila tidak ingin berdesak-desakkan.

20. Candi Penataran

Candi Penataran Merupakan sisa-sisa candi Hindu, kompleks candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur dan dibangun oleh tiga generasi kerajaan. Yang menarik dari Candi Penataran adalah relief yang mencerikan kehidupan kerajaan pada zaman dulu dan penggambaran bangsa asing. Masuk ke sini tidak dipungut biaya namun hanya disuruh mengisi buku tamu saja dan kita pun bisa memberikan donasi.
Nah itu lah tadi beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang menarik perhatian saya. Artikel-artikel tempat wisata di tempat lain akan menyusul, jadi tungguin aja.
Kembali ke Beranda